Diusulkan Imam Cadangan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Madinah – Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci mempertimbangkan untuk mengangkat imam-imam salat cadangan di Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Imam-imam cadangan itu berfungsi untuk mengoreksi bacaan (tilawah) Alquran imam-imam terakreditasi ketika mereka membuat kesalahan dan untuk menggantikan mereka bila ada kondisi darurat.

Demikian diberitakan harian lokal Al-Watan dan dikutip Arab News, Sabtu (15/10/2011). Sheikh Saleh Al-Hossain, Presiden Urusan Dua Masjid Suci menuturkan, saran yang diterimanya baru-baru ini tentang pengangkatan imam-imam cadangan sangatlah penting.

Dia menyatakan, tak hanya ada kebutuhan untuk pengangkatan seperti itu, tapi juga perlu merumuskan sebuah mekanisme dan jadwal yang perlu diikuti imam-imam dua masjid suci. “(Mekanisme dan jadwal) Ini akan diumumkan beberapa hari mendatang,” imbuhnya.

Sejumlah cendekiawan menyarankan pengangkatan imam cadangan menyusul sejumlah kejadian imam terpaksa diganti ketika waktu salat telah tiba karena ada situasi darurat. Mereka merujuk pada kejadian terbaru di Masjid Nabawi ketika seorang hakim melangkah maju guna memimpin salat ashar ketika imam masjid tidak juga muncul.

Direktur Humas Urusan Dua Masjid Suci Ahmad Al-Mansour menuturkan, kebijakan pengangkatan imam-imam cadangan ada di tangan Presiden Urusan Dua Masjid Suci, tergantung dari laporan dan saran yang diberikan kepadanya.

Dia menuturkan, imam-imam di dua masjid suci itu jarang membuat kesalahan dan di sebagian besar waktu salat para ahli agama berada di shaf depan sehingga mereka bisa memperbaiki bila imam melakukan kesalahan.

Harian Al-Watan juga menulis, sound system di Masjid Nabawi didesain untuk mengindentifikasi dan menyaring suara-suara di dekat imam dan hanya meluluskan suara dari imam terakreditasi.

(nrl/aan) | detikNews

About these ads

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Arab Saudi, Haji, INFO SUNNIY, Madinah, Masjid Nabawi, Masjidil Haram, Mekkah
2 comments on “Diusulkan Imam Cadangan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
  1. Abu Ukkasyah mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    afwan akh, ahsan gambarnya ganti yg lain aja. krn itu gambar makhluk hidup, dan gambar akhwat meskipun dari belakang..
    barakallahu fiikum

    Wa’alaikumussalam warohmatullah. Barokallahu fiikum gambarnya sudah diganti. Jazakallahu khoir

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 394 pengikut lainnya.