Inilah Buah Kesabaran Ahlussunnah Libya di Masa Qaddafi dan Ancaman untuk Bashar As Assad

Al Ustadz Wira Bachrun Al Bankawy

BUAH KESABARAN – Masyaikhuna seringkali berkisah tentang awal-awal Syaikh Muqbil bin Hadi mengajar di Dammaj. Banyak di antara murid-murid beliau adalah orang-orang Libia. Libia pada saat itu berada dalam cengkraman Qaddafi yang kejam. Tentara Qaddafi tidak segan-segan menyiksa orang-orang yang berpegang teguh dengan Islam. Bahkan sering terdengar banyak orang-orang yang multazim -konsisten dengan agamanya- dibunuh dengan cara dilemparkan ke tengah laut sampai mati tenggelam.

Murid-murid syaikh sering mengadu kepada beliau, mengeluhkan keadaan mereka yang jauh dan terancam tidak bisa kembali ke negeri mereka. Asy Syaikh pun menghibur mereka, menasihatkan mereka untuk bersabar, semoga saja ada kebaikan yang timbul dari kesempitan ini. Mereka pun bersabar, bersabar dan terus bersabar… Menuntut ilmu di sisi Asy Syaikh Muqbil rahimahullah.

Di penghujung tahun 1432 H/2011 M, rezim Qaddafi berhasil ditumbangkan. Bahkan ketika kematiannya menjemput, Allah hinakan Qaddafi sedemikian rupa. Dan kehinaan ini tidaklah tersembunyi, kehinaan ini disaksikan oleh jutaan pasang mata. Sosok diktator kejam yang dulunya gagah penuh keangkuhan, ketika matinya hanya menjadi bangkai hina yang jadi bahan permainan dan olok-olok orang-orang yang pernah dia tindas.

~Dan tunggulah saatmu wahai Basyar.. Semoga Allah menolong kaum muslimin yang tertindas di Suriah, dan menghinakan keadaanmu sebagaimana Dia menghinakan Qaddafi~

Demikianlah akhir kisah hidup Qaddafi… Sekarang bagaimana nasib para penuntut ilmu Libia yang dulunya terasing tapi bersabar duduk di majelis Syaikh Muqbil?

Di antara mereka ada yang telah menjadi ulama seperti Asy Syaikh Abu Ubaidah Al Misrothi dan Asy Syaikh Abu Hudzaifah Al Libi hafizhahumallah. Kini mereka pun kembali ke negeri mereka, mengajak kaum muslimin untuk kembali berpegang teguh dengan agama mereka, sehingga dalam rentang waktu yang singkat –bifadhlillah- dakwah ahlussunnah tersebar luas di Libia.

Asy Syaikh Ahmad bin Syamlaan, salah seorang ulama Yaman yang baru saja pulang berdakwah dari Libia menuturkan bahwa keadaan Libia sudah jauh berubah. Para penduduknya begitu mencintai sunnah. Wanita-wanita mulai mengenakan hijab syar’i sehingga syaikh pun menyerupakan keadaannya dengan Yaman.

Tidak hanya itu, para masyarakat pun mulai akrab dengan para ulama sunnah, telepon-telepon genggam mereka banyak diisi dengan muhadharah-muhadharah dan fatwa-fatwa ulama ahlussunnah seperti Asy Syaikh Muhammad Al Imam, Asy Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab Al Washabi, Asy Syaikh Abdullah bin Utsman Adz Dzammaari, dan para masyaikh ahlussunnah lainnya.

Walhamdulillah, ini adalah buah kesabaran yang bisa kita saksikan. Sungguh Allah ta’ala tidak akan pernah mengingkari janjinya wahai ikhwati fillah. Bersabarlah kita dalam dakwah ini, bersabarlah kita dalam berpegang teguh dengan agama ini. Semuanya pasti akan berbuah manis. Allah berfirman,

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ وَلا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَلا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا

“Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (Al Kahfi: 28)

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأمْوَالِ وَالأنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

“Sesungguhnya Kami akan memberikan cobaan sedikit kepadamu semua seperti ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan, kemudian SAMPAIKANLAH BERITA GEMBIRA KEPADA ORANG-ORANG YANG SABAR.” (Al Baqarah: 155)

Semoga Allah jadikan kita termasuk orang yang bisa bersabar dalam memegang teguh agama ini.

(Update Status Facebook)

About these ads

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Jihad Fii Sabilillah, Libya, Renungan Salaf, Suriah, Syi'ah, TAZKIYATUN NUFUS, Urgensi Dakwah
2 comments on “Inilah Buah Kesabaran Ahlussunnah Libya di Masa Qaddafi dan Ancaman untuk Bashar As Assad
  1. faith mengatakan:

    masyallah…
    Alhamdulillah

  2. fadh abdullah mengatakan:

    dikatakan “sehingga dalam rentang waktu yang singkat –bifadhlillah- dakwah ahlussunnah tersebar luas di Libia.

    Asy Syaikh Ahmad bin Syamlaan, salah seorang ulama Yaman yang baru saja pulang berdakwah dari Libia menuturkan bahwa keadaan Libia sudah jauh berubah. Para penduduknya begitu mencintai sunnah. Wanita-wanita mulai mengenakan hijab syar’i sehingga syaikh pun menyerupakan keadaannya dengan Yaman” bukannya setelah gaddafi jatuh yang ada peperangan saudara yang berkecamuk?bukannya disana ada kelompok jihadi alqaida dan disatu sisi pihak oposisi yang terdiri orang2 Ikhwani yang ditumpangi kepentingan amerika?ataukah ikhwan2 salafy disana juga termasuk didalam kelompok oposisinya?bukankah ada masayekh yang melarang melawan gaddafi bagi rakyat libia?coba tabayun dulu sebelum memberitakan kabar gembira yang belum tentu benar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 386 pengikut lainnya.