Inilah Jadwal Imam Tarawih di Masjidil Haram Selama Bulan Ramadhan

Kepala Urusan haramain (Masjdil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah) telah menunjuk imam sholat selama Ramadhan kepada tujuh imam dari Masjidil Haram di Makkah.

Menurut jadwal, Syaikh Abdullah Al-Juhani dan Syaikh Abdurrahman As-Sudais, yang juga kepala urusan masjidil haram, yang sekarang menjadi imam sholat Taraweh di hari-hari ganjil pada 20 hari hari pertama bulan Ramadhan.

Syaikh Su’ud Asy Syuraim dan Syaikh Mahr Al-Muaiqli mengimami sholat fardhu setiap hari, surat kabar harian Al-Eqtisadiah melaporkan.

Dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan, Al-Juhani dan Al-Muaiqli akan mengimami sholat Taraweh.

Syaikh Shalih Ath-Thalib menyampaikan khutbah Jumat pertama dan mengimami sholat Jum’at pada hari pertama Ramadhan. Sholat Jum’at berikut akan diimami oleh Syaikh Usamah Khayyat, Asy-Syuraim, Syaikh Shalih bin Humaid, dan As-Sudais. Syaikh Humaid akan mengimami sholat Idul Fitri.

Ini adalah jadwal untuk Imam Masjidil Haram selama bulan Ramadhan. Mereka melakukan pertemuan tahunan yang dijadwalkan dengan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah.

Ada juga ruangan khusus yang digunakan sebagai majelis bagi mereka di masjidil haram di dekat gerbang utama. Para imam selalu meluangkan sebagian besar waktu mereka di bulan suci ini di majelis. Mereka terus-menerus terlibat dalam muraja’ah tahfizh dan tadarus Al Quran. Mereka zuhud dari urusan duniawi dan selalu tetap dalam suasana ketaatan.

Jama’ah masjidil haram memiliki rasa hormat terhadap masyayikh yang ditunjuk sebagai imam tersebut. Banyak dari mereka sangat ingin mendapatkan faidah dari mereka atau mencoba untuk menyambut mereka. Oleh karena itu, para imam masuk ke area sholat, mengimami sholat, dan meninggalkan tempat dengan pengawalan keamanan. Ada petugas keamanan sekitar 10 orang bertanggung jawab atas keamanan mereka.

Ketika Syaikh mengimami sholat di mataf (dipagari area) di dekat Ka’bah, beberapa thullab dan ulama kibar selalu berdiri di belakangnya untuk memperbaiki setiap bacaan yang mungkn salah dari bacaan imam tatkala membaca Al-Qur’an.

Yang terpenting di antara para ulama ini adalah ketua Mahkamah Al Ulya Syaikh Humaid, yang juga imam dan khatib Masjidil Haram. Beliau dikenal karena ilmu yang mendalam dan hafizh Al Quran.

Termasuk di antara ulama kibar adalah Syaikh As-Sudais, yang hafizh Al Qur’an ketika ia berusia 12 tahun. AS-Sudais telah menjadi imam dan khatib Masjidil Haram selama hampir 30 tahun. As-Sudais yang dikenal karena bacaan Al-Qur’an yang merdu telah mengilhami umat Islam di seluruh dunia, baru saja diangkat sebagai kepala urusan Masjidil Haram.

(arabNews)

About these ads

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Arab Saudi, Buka Puasa, Hutang, I'tikaf, INFO SUNNIY, Madinah, Masjid Nabawi, Masjidil Haram, Mekkah, Puasa, Ramadhan, Sahur, Shalat, Shaum, Tarawih, Timur Tengah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 394 pengikut lainnya.