Hari Sabtu (28/05/2011) Matahari Tepat di Atas Ka’bah, Saat yang Tepat Mengukur Arah Kiblat

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hari Sabtu, 28 Mei 2011 jam 16:18 WIB akan ada peristiwa Matahari Istiwa di Atas Ka’bah, yang mana pada saat tersebut kita bisa menentukan ARAH KIBLAT yang tepat dengan cara sederhana.

■ Istiwa A’zam – Matahari Istiwa di Atas Ka’bah

Kejadian saat posisi matahari istiwa (kulminasi) tepat di atas Ka’bah terjadi dua kali setahun yaitu pada setiap tanggal 28 Mei sekitar pukul 16.18 WIB dan pada 16 Juli sekitar jam 16.28 WIB. Ketika matahari istiwa di atas Ka’bah, bayang-bayang objek tegak di seluruh dunia akan lurus ke arah kiblat.

Kedudukan matahari di atas Ka’bah yang menyebabkan bayangan tegak diseluruh dunia searah kiblat.

Panduan untuk menentukan arah kiblat dari sesuatu tempat pada tanggal dan jam yang telah ditentukan diatas:

1. Dirikan sebuah tiang di sekitar lokasi yang hendak diukur arah kiblatnya.
2. Pastikan tiang tersebut tegak dan lurus. Untuk meyakinkan posisi tegakknya dapat diukur menggunakan bandul yang tergantung pada seutas tali.
3. Tempat yang dipilih untuk pengukuran ini tidak boleh terlindung dari cahaya matahari. Oleh karena matahari berada di Barat, jadi bayangan akan kearah Timur, maka arah kiblat ialah bayangan yang menghadap ke Barat.

Semoga bermanfaat

Sumber: Milis Salafi-Indonesia

Iklan

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam INFO SUNNIY
KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image