Alhamdulillah, Tahun Ini Pondokan Haji Jamaah Indonesia Dekat Masjidil Haram

JAKARTA – Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan bahwa dekatnya pemondokan jemaah haji Indonesia dengan Masjidil Haram di Mekkah akan membawa banyak keuntungan yang diperoleh selama melaksanakan ritual haji.

Dekatnya pondokan dengan Masjidil Haram, selama di Mekkah, sekaligus pula sebagai upaya efesiensi keuangan bagi penyelenggaraan ibadah haji, kata Menag saat memberikan sambutan pada qur’ah maktab jemaah haji pada 1432 H/2011 di Jakarta, Rabu (14/9).

Ia mengatakan, keuntungan yang diperoleh bagi jemaah haji adalah akan punya kesempatan lebih banyak beribadah di Masjidil Haram. Selain itu, juga dapat menghemat tenaga karena jarak tempuh ke masjidil Haram lebih dekat.

Disebutkan pula, gairah ke Masjidil Haram dipastikan akan meningkat. Karena itu, Menag berharap para kanwil dapat mensosialisasikan kiat menjaga kesehatan dalam berhaji di daerahnya masing-masing.

Jemaah haji Indonesia pada musim haji sekali ini merupakan yang pertama kali terbanyak berada dekat dengan Masjidil Haram, sebanyak 93 persen, yaitu di bawah jarak 2000 meter. Selebihnya di bawah 2500 meter. Sementara jumlah jemaah haji Indonesia sebanyak 221 ribu orang, termasuk haji khusus.

Menag menyatakan, untuk tahun ini jemaah haji Indonesia mengenakan sergam batik khas Indonesia. Karena itu ia berharap distribusinya berjalan baik. Ke depan, Menag akan menupayakan pakaian ihrom.

Meski mahal, ia berharap untuk ihram dapat dilaksanakan agar ke depan tak mengenakan ihram buatan China. Ini untuk menghidupkan koperasi dan pengusaha kecil di dalam negeri.

Makanan

Pada saat yang sama, Menag minta jajarannya untuk mensosialisasikan distribusi makanan di Madinah dan Armina, yang telah diputuskan dengan cara prasmanan. Jemaah haji diharapkan memahami bagaimana mengonsumsi makanan yang disiapkan sehingga dapat terhindar dari keracunan akibat basi.

Jemaah haji tak boleh lagi terserang diare yang disebabkan akibat makanan basi, ia menjelaskan. Hadir pada acara tersebut Dirjen PHU Slamet Riyanto, KJRI Jeddah Zakaria Anzha anggota komisi VIII Zulkarnaen Jabar, Sekjen MUI Ichwan Syam dan para kakanwil dari seluruh Indonesia.

Antara

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Dzulhijjah, Haji, INFO SUNNIY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image