Wow..!! Melongok Proyek Pembangunan Terbesar untuk Mempermudah Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umrah (Syawal 1432H)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Proyek Jamrat

Perluasan proyek Jamrat di Mina dianggap salah satu proyek terbesar dalam sejarah masjidil haram. Proyek jamrat dilaksanakan selama lima fase dengan biaya sekitar SR4.2 miliar, terutama difokuskan pada penyediaan ruang bagi umat Islam untuk melaksanakan salah satu ritual utama dari haji dengan aman

Direncanakan dan disusun untuk memberikan keamanan tinggi untuk peziarah, termasuk tanggap keadaan darurat.

Terlepas dari banyak klinik dan rute tunggal untuk ambulan Bulan Sabit Merah di daerah ini, ia memiliki helipad untuk helikopter untuk mendarat dan lepas landas selama operasi penyelamatan dan darurat.

Proyek ini terdiri dari empat lantai di samping lantai dasar menampung lebih dari empat juta jamaah. Area luas dibangun di daerah Jamrat untuk menampung ratusan ribu peziarah pada waktu yang sama. Area didukung dengan sistem pembersihan otomatis.

Sebuah sistem transportasi kereta telah ada di area jamrat untuk mengangkut jamaah Jamrat dari tenda-tenda mereka di Mina ke Jembatan Jamrat untuk lempar jumrah sebagai bagian dari pelaksaan ibadah haji. Dari sana, kereta membawa mereka ke Masjidil Haram untuk menyelesaikan tahapan ibadah haji/umrah mereka. Jembatan itu terhubung dengan tenda para peziarah di bagian bawah gunung di Mina.

Dalam pengembangan kawasan Jamrat, sejumlah klinik medis didirikan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi para peziarah. Lift juga dibangun untuk mengangkut peziarah ke tingkat yang berbeda dari daerah Jamrat yang memiliki pintu masuk 12 titik dan pintu keluar sebanyak 12 titik pula. Semuanya ada  lima tingkat ber-AC.

Selain itu, ada sistem untuk semprotan jet air di udara bertujuan menurunkan suhu ketika panas menyengat. Sistem pendingin ini dirancang untuk menjaga suhu pada rata-rata 29 derajat Celcius.

Terowongan bawah tanah juga dibangun di daerah Jamrat di mana kendaraan dinas Jamrat dipisahkan dari para pejalan kaki agar tidak menghambat gerakan mereka.

Pengembangan daerah jamrat memperhitungkan meningkatnya jumlah peziarah. Dengan menyediakan nomor untuk jumlah yang masuk dan keluar, proyek ini telah memecahkan masalah kepadatan yang mengakibatkan banyak kematian karena terinjak-injak.

Ada empat bangunan yang mengandung 40 anak tangga dan 16 eskalator, yang digunakan para peziarah untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi atau turun ke tingkat bawah tanah. Dua bangunan di utara jalan King Fahd dan dua lainnya di plaza timur Jamrat.

Jam Makkah

Jam raksasa berbentuk segiempat yang merupakan hadiah dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah kepada warga muslim dan dunia, adalah yang tertinggi dan terbesar dari jenisnya, bahkan jauh melebihi jam Big Ben yang terkenal di London.

Dengan ketinggian 400 meter di atas tanah dan dapat dengan jelas dilihat dari semua bagian Mekah pada jarak 8 km. Jam raksasa itu dibangun di atas kompleks Abraj Al-Bait dengan ketinggian 601 meter. Dibangun di bawah pengawasan insinyur khusus dari Jerman dan Swiss. Jam ini memiliki empat sisi. Diameter dari sisi depan dan belakang adalah 43 meter. Ujung atasnya berbentuk bulan sabit yang memiliki diameter 23 meter.

Kalimat Allahu Akbar (Allah Mahabesar) ditulis dalam huruf tebal di atas jam. Sisi belakang memberi simbol tauhid (La ilaha Illa Allah).

Jam menunjukkan waktu lokal menurut UTC yang berkedudukan di Paris. Waktu setempat di Arab Saudi adalah tiga jam menjelang GMT. Dirancang sesuai dengan arsitektur Islam, berat total jam adalah 36.000 ton dibangun di atas struktur baja seberat 12.000 ton. Terdiri dari 14.000 potongan besi yang beratnya rata-rata sekitar 16 ton. Jam ini memiliki ruangan besar dengan koridor bagi para peziarah yang ingin melihat jam dari dekat.

Masing-masing dari tiga jarum menunjukkan jam, menit dan detik beratnya lebih dari 21 ton dan dengan demikian paling berat dari jenisnya di dunia.

Jam menggunakan energi matahari di samping listrik.

Perluasan Baru

Perluasan baru dari Masjidil Haram di Makkah, yang diluncurkan oleh Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah, akan mencakup 400.000 meter persegi dan akan 380 meter untuk fasilitas bawah tanah. Setelah selesai, perluasan ini diharapkan dapat memberikan ruang tambahan bagi 1,2 juta jamaah. Tanah di sekitarnya, yang disesuaikan untuk proyek tersebut telah bernilai lebih dari SR4 miliar.

Perluasan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas area Haram, telah disetujui oleh raja untuk mengatasi meningkatnya jumlah peziarah dan pengunjung khususnya selama Ramadhan dan haji.

Ini juga akan mengurangi padatnya bukit di dekat Masjidil Haram dari sisi utara, barat, dan timur, kemudahan lalu lintas untuk kendaraan dan pejalan kaki, memastikan kenyamanan dan keamanan peziarah dan menambah keindahan daerah tersebut.

Proyek ini akan mencakup jalur modern yang terdiri dari jalan yang dilewati khusus untuk mobil yang terpisah dari jalur yang digunakan oleh pejalan kaki. Ia juga akan memiliki terowongan untuk pejalan kaki yang dilengkapi dengan eskalator.

Semua kebutuhan jamaah akan tersedia di ekspansi termasuk minum, bak sampah, air, dan kanopi untuk melindungi mereka terhadap panas matahari.

Air Zamzam

Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah telah memberikan instruksi untuk membangun sebuah proyek negara -of the art- untuk menyaring dan mensterilkan air yang diberkahi (air Zamzam) untuk penggunaan penduduk, peziarah, dan pengunjung.

Proyek ini bernama After the King, didirikan di distrik Kudai menelan biaya SR700 juta, yang memfilter lima juta liter air setiap hari.

Raja Abdullah yang membuka proyek memakan waktu 30 bulan untuk menyelesaikannya, awal September 2010. Dengan pabrik seluas 13.405 m. persegi dan terdiri dari bangunan untuk tekanan udara, penyimpanan, pembotolan, lini produksi dan kemasan. Berisi juga fasilitas pembangkit listrik menghasilkan 10 megawatt listrik.

Air secara otomatis dipompa dari sumur Zamzam yang terletak di dalam Masjidil Haram ke pabrik di mana secara otomatis disimpan, disaring dan dimurnikan.

Ia memiliki tangki penyimpanan dengan kapasitas 10 juta liter dari tempat di mana air murni dipompa melalui empat pipa stainless steel untuk Masjidil Haram untuk penggunaan peziarah dan pengunjung.

Sebanyak 1,5 juta kontainer masing-masing dengan kapasitas 10 liter yang setiap hari didistribusikan di Makkah untuk konsumsi para penduduknya. Sebelum distribusi, jumlah ini disimpan dalam sebuah gudang besar yang menggunakan teknik otomatis menyimpan dan mengambil (AS / RS).

Pabrik ini memiliki laboratorium untuk menguji air 24 / 7 dengan maksud untuk menjamin kemurnian dan kesesuaian untuk konsumsi manusia. Setelah pemurnian, sterilisasi dan pengujian, air diangkut secara otomatis melalui konveyor khusus untuk stasiun Kudai pompa yang memiliki 42 titik distribusi.

Lebih dari 5.000 kontainer air Zamzam khusus untuk ditempatkan di Masjidil Haram untuk penggunaan peziarah dan pengunjung. Kapasitas wadah masing-masing 40 liter dan mereka secara otomatis dibersihkan.

Sistem pembersihan terbaru dapat membersihkan 250 kontainer per jam sehingga menghemat banyak waktu dan tenaga.

arabNews

Iklan

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Arab Saudi, Haji, INFO SUNNIY, Masjidil Haram, Mekkah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image