Lakukan Haji untuk Orang Tua Anda dan Anda akan diberi Pahala

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-`Utsaimin

Pertanyaan

Orang tua kami meninggal dan mereka tidak melakukan kewajiban haji, namun mereka tidak mewasiatkan kami tentang itu. Haruskah kami melakukan ibadah haji bagi mereka dan bagaimana hukumnya yang demikian itu?

Jawaban

Jika semasa hidupnya mereka kaya dan mereka mampu melakukan haji dengan kekayaan mereka, Anda berkewajiban untuk melakukan haji untuk mereka dari kekayaan mereka. Jika Anda melakukan ibadah haji bagi mereka dengan dana selain dari harta mereka sebagai bentuk amal yang ikhlas dari Anda, maka Anda akan mendapat pahala untuk itu. Namun, jika mereka dalam keadaan sulit (yaitu, miskin), Anda tidak harus melakukan haji untuk mereka. Atau jika salah satu dari mereka adalah miskin, Anda tidak harus melakukan haji atas nama salah satu yang miskin. Namun, jika Anda ikhlas mengeluarkan dana sendiri dan melakukan haji bagi mereka, Anda akan menerima pahala yang besar dan itu adalah suatu bentuk kebaikan (kepada orang tua).

Fatawa Islamiyah, Vol.4, hal.68, DARUSSALAM | FatwaIslam.com

Iklan

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Fatwa, Haji
KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image