Menunaikan Haji dalam Keadaan Belum Mengembalikan Uang yang Pernah Dia Curi

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Pertanyaan

Beliau rahimahullahu ditanya : Saya mengambil sejumlah uang dari bibi ayah saya tanpa sepengetahuanya dan dia meninggal sebelum saya mengembalikan uang tersebut. Saya telah melakukan haji tahun lalu sementara uang tersebut masih ada padaku. Pertanyaannya adalah, apakah haji saya sah? Apa yang harus saya lakukan dengan uang ini untuk membebaskan diri dosa? Sedangkan bibi saya tidak mempunyai ahli waris selain ayah saya, dan beberapa saudara laki-laki ayah. Saya mengharapkan jawaban yang bermanfaat. Jazakallahu khoir

Jawaban

Ibadah hajimu sah insyaallah, jika engkau telah menunaikan kewajiban-kewajiban haji dengan sempurna dan meninggalkan apa-apa yang dapat merusaknya. Engkau harus bertobat kepada Allah dari mengambil harta bibimu dengan cara yang tidak benar. dan engkau wajib menyerahkan apa yang diambil dari bibi kepada ayahmu jika dia sebagai ahli warisnya.

Kami memohon kepada Allah untuk mengampuni dosamu dan dosa kami dan dosa setiap Muslim.

Fatawa Islamiyah, vol.4, hal.62 DARUSSALAM | FatwaIslam.com

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Fatwa, Haji
KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image