Saat di Tanah Suci, Jamaah Haji Harus Banyak Minum Air

JAKARTA – Jamaah haji diingatkan harus banyak minum selama berada di tanah suci. Saran tersebut diungkapkan oleh Dr Prijo Sidipratomo, Sp.Rad, ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Kamis (29/9).

Perbedaan iklim yang cukup ekstrim antara Indonesia dan Arab Saudi membuat jamaah harus bisa beradaptasi. Ia menekankan, ibadah haji tak hanya memerlukan kesiapan rohani, tapi harus diimbangi dengan kesehatan jasmani.

“Jamaah haji harus banyak minum, minimal 2 L setiap hari, atau 8 gelas”, katanya. Ia yang berhaji di tahun 2006 ini mengatakan bahwa dehidrasi menjadi masalah kesehatan yang cukup fatal.

“Di Arab itu iklimnya kering, banyak penguapan, apalagi hanya menggunakan pakaian ikhrom, jamaah akan kehilangan banyak cairan tubuh. Kalau tidak kuat bisa pingsan”, ungkapnya di kantor Yayasan Jantung Indonesia, Menteng. Agar dapat beribadah dengan nyaman, ia menyarankan agar jamaah selalu menyediakan air minum kemanapun pergi.

“Kalau soal makanan, insyaallah di Arab sudah tercukupi gizinya. Kan ada catering, asal makannya teratur. Apalagi di Arab banyak kurma, bisa untuk tambahan energi”, ungkapnya. Kebutuhan ion-ion tubuh juga sudah tercukupi dengan makan yang teratur, menurutnya asal cukup minum, jamaah tak perlu mengkonsumsi minuman isotonik.

Bagi para penderita diabetes, ia menyarankan agar selalu mengkonsumsi obat agar tetap fit ketika di tanah suci. Sebelumnya, ia mengingatkan agar jamaah yang menderita diabet berkonsultasi kepada dokter bagaimana diet yang benar. “Ada diet khusus bagi penderit diabetes, yang penting selalu siap membawa obat”, ungkapnya.

REPUBLIKA.CO.ID

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Haji, INFO SUNNIY, Kesehatan, Kesehatan Haji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image