Dephan Saudi Menguraikan Rencana Keselamatan Haji

Jeddah: Departemen Pertahanan Sipil Saudi mengumumkan pihaknya akan mengerahkan 21.900 petugas dengan 5.900 unit peralatan dan 19 helikopter untuk menjamin keamanan dan keselamatan jamaah selama musim haji.

“Wakil Perdana Menteri II dan Menteri Dalam Negeri Pangeran Naif telah menyetujui rencana haji kita,” kata Letnan Jenderal Saad bin Abdullah Al-Tuwaijri, Dirjen Dephan Sipil Saudi.

“Rencana umum Dephan tentang haji bertujuan untuk mengambil semua tindakan pencegahan untuk keselamatan dan perlindungan bagi jamaah dan warga dari kecelakaan dan bencana, serta untuk menjaga properti publik dan swasta, dalam koordinasi dengan departemen terkait,” katanya.

Al-Tuwaijri mengatakan para petugas itu akan melakukan 12 latihan mengatasi situasi berbahaya yang mungkin terjadi selama musim haji. Dephan Sipil akan memiliki 450 pusat pengamanan di Makkah dan tempat suci lainnya di Mina, Arafah dan Muzdalifah.

Al-Tuwaijri memuji upaya pemerintah untuk menjamin keamanan dan keselamatan sekitar 2,5 juta jamaah haji dengan memobilisasi sumber daya manusia dan material. “Mengelola jamaah berjumlah besar dengan latar belakang pendidikan, budaya serta bahasa yang berbeda bukanlah tugas yang mudah,” katanya.

Pelaksanaan haji diperkirakan dimulai pada 4 November. Saat ini nyaris satu juta jamaah telah tiba di Saudi. Maskapai nasional Saudi Arabian Airlines mengoperasikan 1.244 penerbangan untuk mengangkut jamaah dari berbagai belahan dunia. Untuk arus pulang, maskapai itu mengoperasikan 1.153 penerbangan.

“Semua departemen dan unit strategis Saudia bekerja penuh untuk memperluas layanan terbaik kepada para jamaah,” kata Abdullah Al-Ajhar, Wakil Presiden Humas Saudi Arabian Airlines. “Kami telah menyewa 34 pesawat untuk mendukung armada kami untuk operasi besar haji,” tambahnya.

Masyarakat Pramuka Arab Saudi mengirimkan lebih 3.000 anggota Pramuka untuk melayani jamaah haji. “Kami telah menyiapkan kamp-kamp di Makkah dan tempat suci, yang dilengkapi dengan fasilitas medis dan kesehatan,” kata Saleh Al-Harbi, komandan kamp.

Dia mengatakan para anggota Pramuka akan membantu pasien dan jamaah yang telantar dan membantu pemerintah kota memantau kenaikan harga. Pramuka akan memiliki kamp-kamp di Madinah dan titik masuk lewat darat maupun laut.

arabnews

Iklan

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Arab Saudi, Haji, INFO SUNNIY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image