Ini Dia Ciri-ciri Hewan Kurban Terkena Anthrax

Jakarta – Menjelang Hari Raya Idul Adha, hewan-hewan kurban laris manis diburu. Namun masyarakat harus mengenali betul ciri-ciri hewan kurban yang berpenyakit seperti anthrax.

“Sakit demam tinggi, gemetaran, sulit bernafas, dan sempoyongan,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan DKI Jakarta Ipih Ruhyani ketika dihubungi wartawan, Senin (24/10/2011).

Menurut Ipih, hewan kurban yang akan masuk ke Jakarta harus bersertifikat sehat. Jika saat di penampungan ditemukan tanda-tanda hewan kurban terkena anthrax maka hewan itu tidak boleh dipotong dan harus diisolasi serta diobservasi.

Bahkan, hewan-hewan kurban juga akan diperiksa pada H-10 hingga H-3. Pemeriksaan dilakukan oleh 690 petugas yang terdiri dari berbagai kalangan di Jakarta.

Tidak sampai di situ saja, Ipih menuturkan, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan daging hewan kurban setelah dipotong. “Jadi kita pantau saat hewan masih hidup dan setelah dipotong sehingga aman sampai ke masyarakat,” katanya.

Ipih berharap, tempat penampungan hewan akan berkurang. Hal ini untuk memudahkan pemeriksaan.

“Kita harap tempat penampungan lebih terpusat di beberapa titik saja, agar memudahkan pemeriksaan,” imbuh Ipih.

Sementara itu, kebutuhan hewan kurban tahun ini yakni sapi 8 ribu, kerbau 200 ekor, kambing 30 ribu ekor, dan domba 1.500 ekor. Hewan kurban itu didatangkan antara lain dari Ponorogo, Madiun, Lumajang, Purwokerto, Tegal, Wonosari, Sukabumi, Bogor, dan Cirebon.

(nik/vit) | detikNews

Iklan

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Fiqih Qurban, INFO SUNNIY, Kesehatan, Kurban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image