Wiih..! Dari Belanja Souvenir, Pendapatan Makkah Capai 5 Miliar Riyal

MINA – Toko-toko souvenir di Makkah menuai berkah dengan banyaknya jamaah haji yang belanja di sana. Parfum dan pakaian adalah dua jenis hadiah yang banyak dicari.

Tapi, seperti biasa air Zamzam tetap yang menjadi favorit. Kaset audio pembacaan Alquran, alarm digital suara azan serta jam dinding dengan gambar-gambar Ka’bah dan masjid juga termasuk barang elektronik yang banyak diburu. “Jamaah akan mencari semua barang yang ada hubungannya dengan Makkah atau dua Masjid Suci,” kata salah seorang pedagang kepada Saudi Gazette, Jumat (11/11).

Di antara hadiah paling mahal adalah miniatur kristal Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabi di Madinah. Emas Saudi merupakan souvenir yang paling mahal. Emas dari negara ini memang cukup terkenal. Namun, pemilik toko mengeluhkan harga emas yang tinggi menyebabkan jamaah tak membeli sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Setiap tahun selama musim haji, 20 miliar riyal fulus beredar di Makkah. Sekitar 5 miliar riyal dihabiskan untuk souvenir saja. Seorang ekonom memperkirakan pembelian souvenir sudah termasuk dari 10-17 persen dari anggaran total ibadah haji para jamaah. Prosentase ini jauh lebih tinggi bagi para jamaah yang berasal dari negara kaya.

Tahun lalu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Makkah mendirikan perusahaan saham untuk mendukung bisnis lokal. Perusahaan saham ini didirikan atas permintaan Pangeran Khaled Al-Faisal, Gubernur Makkah, yang ingin melihat logo ‘Made in Makkah’ di sepanjang jalan.

saudigazete

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Arab Saudi, Haji, INFO SUNNIY, Mekkah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image