Tahun Baru Islam, Pelajar di Saudi Tetap Sekolah

Madinah – Sabtu (26/11/2011) ini merupakan tahun baru Islam 1 Muharram 1433 H. Di Indonesia, tanggal di kalender hari ini berwarna merah, alias hari libur. Tapi di Arab Saudi, tempat tahun Hijriyah dirilis, tak mengenal istilah hari libur.

Menurut pantauan detikcom pada pukul 07.00 WAS di Madinah, para pelajar tetap bersekolah. Kebetulan di dekat kantor misi haji Indonesia di Madinah berdekatakan dengan sekolah khusus perempuan. Sejak pagi, para siswa berdatangan seperti biasa setelah libur mingguan yang jatuh pada Kamis dan Jumat.

Siswa sekolah yang telah remaja melapisi baju seragam mereka dengan pakaian tradisional setempat, abaya, yaitu baju serba hitam yang menutupi seluruh tubuh, lengkap dengan niqab (cadar).

Sedang siswa TK, berpakaian seragam rok tanpa abaya. Pada pukul 13.00 WAS (17.00 WIB), para siswa berdiri di trotoar di depan sekolah mereka untuk menunggu jemputan orangtua.

“Di sini tahun baru ya biasa-biasa saja, tidak libur,” kata Bas, seorang mukimin (warga RI yang menetap di Saudi).

Pada Jumat (25/11) petang hingga malam, suasana di Madinah juga tidak terlihat ada tanda-tanda “menyambut tahun baru.” Jamaah haji terkonsentrasi di Masjid Nabawi. Perempuan warga Madinah juga banyak yang membawa anak-anak mereka ke masjid, karena Jumat merupakan hari libur, waktu anak-anak bersantai.

Hal itu berbeda dengan di Indonesia, di mana pada malam tahun baru Islam, biasanya digelar malam muhassabah atau mabit di masjid.Bahkan ada tradisi menyambut 1 Suro yang meriah.

detikNews

Iklan

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Arab Saudi, Hidupkan Sunnah, INFO SUNNIY, Muharram

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image