Musim Haji Usai, Kiswah Ka’bah Diturunkan

MAKKAH- Musim haji telah berakhir. Hal ini ditandai dengan diturunkannya kembali kiswah Kakbah yang saat dimualinya musim haji dinaikkan sekira dua meter lebih.

Pada Jumat 2 Desember lalu, saat kru okezone mengunjungi Masjidil Haram, kiswah masih tampak di atas. Pantauan okezone, Rabu (7/12/2011) kemarin, banyak peziarah pria dan perempuan memegang dan menciumi kiswah Kakbah yang sudah bisa dijangkau.

Pasalnya banyak jamaah haji yang melakukan tindakan di luar kewajaran, yaitu memotong dan menyobek kiswah dengan gunting atau sekadar menggosok-gosok cincin.

Tak hanya menurunkan kiswah, Masjidil Haram juga kembali memasang sejumlah karpet di sekitar mataf yang berjarak di atas 10 meter. Selain itu pembatas salat khusus untuk kaum perempuan di belakang Maqam Ibrahim juga dipasang.

Hal ini dilakukan karena jumlah peziarah yang melakukan tawaf sudah jauh berkurang ketimbang pada musim haji.

Pada musim haji, hampir seluruh mataf terpakai jamaah haji untuk melakukan tawaf, namun setelah seluruh jamaah haji kembali ke negara masing-masing, jamaah umrah hanya memakai sebagian mataf atau sekira tujuh sampai 10 meter dari Kakbah.

Jamaah umrah ini sudah bisa mengantre untuk mencium hajar aswad ataupun sekadar memegang pintu Kakbah. Sekalipun harus tetap bersabar karena masih ada saja peziarah dari masyarakat lokal ataupun mukimin (warga asing yang lama tinggal di Arab Saudi) yang tidak tertib dan menerobos antrean.

Lengangnya Masjidil Haram juga digunakan petugas dari Daerah Kerja Jeddah untuk melakukan umrah dan tawaf wada. Selain itu, mereka juga dapat melakukan ibadah lainnya lebih khusyuk, seperti dialami seorang petugas MCH, Syaiful Hadmar.

“Ibadah jadi lebih khusyuk, tidak perlu lagi berdesak-desakan,” ujarnya.

Jadi bisa lebih banyak melakukan ibadah, salat sunnah, baca Alquran hingga ibadah lainnya. Pekan lalu, jamaah haji Turki masih tampak di Masjidil Haram. Kini, tidak ada satu pun jamaah haji yang tersisa, semuanya sudah kembali ke negara masing-masing.

okeZone

Baca Berita Ketika Dinaikkannya Kiswah

https://sunniy.wordpress.com/2011/10/13/kain-penututp-kabah-kiswah-telah-dilipat-ke-atas-untuk-menghindari-kerusakan-sampai-musim-haji-berakhir/

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Arab Saudi, Haji, INFO SUNNIY, Ka'bah, Kiswah, Masjidil Haram, Mekkah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image