Musim Haji Berakhir Juga Ditandai Dengan Pencucian Ka’bah

MAKKAH: Atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah, Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal memimpin upacara mencuci Ka’bah Suci pada Sabtu menggunakan zamzam dicampur dengan air mawar.

Upacara dihadiri oleh sejumlah besar tokoh, termasuk Syaikh Shalih Al-Husain, kepala Kepresidenan untuk Dua Masjid Suci, dan Ekmeleddin Ihsanoglu, Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam.

Pejabat lainnya yang menghadiri upacara termasuk Menteri haji Fouad Al-Farsy, Walikota Makkah Osama Al-Bar, dan Abdul Aziz Al-Khodairy selaku wakil gubernur Makkah. Sejumlah diplomat dari negara-negara Islam dan pejabat Masjid Agung juga hadir.

Bagian dalam Ka’bah dicuci dua kali setahun yakni Muharram dan Sya’ban (bulan pertama dan kesembilan dari kalender Hijrah).

Ka’bah, yang terletak di dalam kompleks Masjid Agung yang luas, adalah pusat iman Islam yang umat Islam di seluruh dunia menghadapnya ketika melakukan sholat setiap hari.

Jutaan Muslim melakukan ziarah ke masjid yang dikenal sebagai baitullah setiap tahun. Thawaf dengan mengelilingi benda berbentuk kubus (ka’bah) adalah salah satu ritual wajib ziarah Haji dan Umrah. Pengunjung mengitari Ka’bah tujuh kali adalah sebagai cara memberi ucapan.

Hal ini diyakini bahwa Ka’bah dibangun oleh manusia pertama di bumi, Adam ‘Alaihissalam. Kemudian direnovasi oleh Nabi Ibrahim dengan putranya, Nabi Ismail ‘Alaihimussalam atas perintah Allah Ta’ala sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Ka’bah adalah rumah pertama yang dibangun untuk menyembah Satu Ilah dan disebut “Baitul-Ateeq,” yang berarti rumah tertua.

arabnews

Iklan

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Arab Saudi, Haji, INFO SUNNIY, Ka'bah, Madinah, Masjid Nabawi, Masjidil Haram, Mekkah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image