Menyedihkan…!! NU Gelar Silaturahim Tokoh Lintas Agama

JAKARTA – Nahdlatul Ulama (NU) menggelar pertemuan tokoh lintas agama. Isu-isu kebangsaan teraktual dibahas dalam pertemuan tersebut, mulai dari ketidakadilan, penegakan hukum yang lemah, hingga soal kesejahteraan ekonomi yang tidak merata. Keprihatinan tokoh lintas agama itu muncul menyikapi persoalan-persoalan tersebut.

Hadir dalam acara silaturahim itu sejumlah delegasi dari majelis agama-agama tingkat pusat, di antaranya Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persatuan Gereja-gereja di Indonesia, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Majelis Tinggi Agama Konghuchu Indonesia (Matakin), dan Majelis Agama Buddha (Walubi). Dalam forum itu disepakati untuk mengadakan silaturahim rutin.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menegaskan, tidak ada nuansa politik dari silaturahim yang digelar. Agenda utama ialah menjalin komunikasi dan memperkuat kerja sama antarumat beragama. Pertemuan murni dilangsungkan untuk membicarakan situasi kondisi terkini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama soal kemiskinan, penindasan rakyat kecil, dan ketidakadilan.

Menurutnya, ragam problematika itulah yang memicu munculnya permasalahan di arus bawah. Kondisi ini diperburuk dengan ketidakjelasan agenda pembangunan nasional. Empat kali amendemen UUD 1945 pun, meski merupakan tuntutan zaman, tetapi tetap dinilai terburu-buru. “Arah agenda nasional ke depan tidak jelas,” katanya di Gedung PBNU, Jakarta (12/12).

Koordinator Majelis Agama Buddha (WALUBI) Rusli Tan mengatakan, masalah yang harus menjadi fokus majelis agama-agama saat ini ialah upaya peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat marginal. Bila taraf perekonomian meningkat, diyakini daya beli mereka positif. Bertambahnya kemampuan beli akan mendorong kemajuan indusri.

Ia menilai kerja sama menggerakkan perekonomian oleh umat beragama tengah berjalan. Hanya saja, kerja sama tersebut belum terlembagakan. Ia menyebut, kontribusi umat Islam untuk memajukan ekonomi pantas diapresiasi. Ini mengingat sebagian besar pemasok kebutuhan dasar di pasar lokal ialah pedagang dan usahawan Muslim.

Ia meyakini peningkatan kesejahteraan akan menekan intensitas konflik antarumat beragama. Rendahnya tingkat ekonomi dan kurangnya pemerataan kesejahteraan itulah yang disinyalir menjadi salah satu faktor pemicu aksi-aksi anarkis. Akibatnya, mereka mudah terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. “Kalau tidak lapar, tidak ada provokasi,” katanya.

republika

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Al Wala wal Bara, Aqidah Ahlus Sunnah, INFO SUNNIY, NU, Tauhid Prioritas Utama
4 comments on “Menyedihkan…!! NU Gelar Silaturahim Tokoh Lintas Agama
  1. deady mengatakan:

    NU CUIHHHH!!!!

  2. salman mengatakan:

    sebuah asumsi/analisa yang sangat dangkal, siapa bilang “rendahnya tingkat ekonomi sebagai pemicu aksi anarkis”. anarkis dipicu oleh orang -orang yang agamanya buruk itu pasti. orang miskin kalo agamanya bener (menegakkan sunnah) tidak akan berbuat anarkis.

    tidak ada sejarahnya konflik antar agama (khususnya di indonesia) terjadi karena faktor kesejahteraan.

  3. Tolibi mengatakan:

    Hati-hati Banyak kaum yang mengaku sunniy, termasuk blog ini

  4. sunan mengatakan:

    ga usah selek, saling sok sunah…basi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image