Kabar dari Dammaj: 5 Orang Santri WNI Darul Hadits Dammaj Dipulangkan Hari Ini

Lima orang santri asal Indonesia di Ma’had Darul Hadits Dammaj Yaman akhirnya memutuskan untuk pulang ke tanah air, di tengah konflik berdarah dengan pemberontak al-Houthi. Sementara itu, ratusan santri asal Indonesia lainnya memutuskan untuk tinggal, membela pesantren mereka.

“Kita akan segera menyambut pulangnya lima saudara sebangsa kita dari Yaman. Seperti diketahui, turut jatuh korban beberapa WNI dalam konflik bersenjata yang terjadi di sana,” kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Rabu (10 Shafar 1433H / 4 Januari 2012).

Natalegawa mengatakan bahwa saat ini ke lima WNI tersebut telah dalam perjalanan dari Sanaa dan akan tiba beberapa waktu lagi ke tanah air. Sementara itu, kata dia, masih lebih dari 150 santri lagi yang memilih untuk tinggal.

“Mereka memutuskan untuk tetap bertahan walau sudah didorong dan disarankan untuk meninggalkan pesantren,” kata Natalegawa.

Tidak disebutkan nama-nama ke lima WNI tersebut. Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI, Tatang Razak, mengatakan bahwa seorang dari santri yang pulang mengalami luka-luka akibat terlibat pertempuran.

“Salah satunya luka terkena pecahan granat dan masuk rumah sakit. Saat ini pun, pecahan granat tersebut masih ada di dalam tubuhnya,” kata Tatang.

Tatang mengatakan bahwa Kemlu sebelumnya telah mengirimkan tim ke Yaman untuk membujuk para santri untuk pulang. Bekerja sama dengan badan terkait, termasuk Bulan Sabit Merah dan Palang Merah Internasional, tim ini berusaha memberikan bantuan logistik dan akses keluar kota Dammaj.

“Tim ini telah bekerja keras selama hampir tiga minggu,” kata Tatang.

Kekerasan di Dammaj, Yaman, terjadi pada akhir tahun lalu. Pesantren Darul Hadits yang merupakan tempat belajar santri dari seluruh dunia dikepung dan diserang oleh kelompok pemberontak al-Houthi. Lima orang santri dari Indonesia dilaporkan tewas.

Ratusan santri asal Indonesia di pesantren menolak untuk dievakuasi. Mereka bertahan setelah dikeluarkannya fatwa jihad dari pemimpin pesantren. Menurut pengakuan salah seorang santri, pesantren mereka dihujani peluru dan bom dari pemberontak di atas bukit. (eh)

• VIVAnews

Iklan

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Al Qaeda, Bom, Bom Bunuh Diri, Dammaj, INFO SUNNIY, Jihad Fii Sabilillah, Kafir, Khawarij, Nasional, Peledakan, Pengeboman, Syahid, Syi'ah, Teroris, Terorisme, Yaman
One comment on “Kabar dari Dammaj: 5 Orang Santri WNI Darul Hadits Dammaj Dipulangkan Hari Ini
  1. Hamba Alloh berkata:

    tetaplah antum disana karena itu adalah jihad syar’i dan mudah2an Alloh menganugerahkan kepada antum semua kemuliaan dengan syahid, insya Alloh. Jangan hiraukan omongan sebagian orang apalagi para hizbiyun yang menyatakan tidak ada qunut nazilah untuk dammaj. mereka adalah orang-orang yang hasad dan berpenyakit dalam hatinya. kita berlepas diri dari orang-orang itu. Semoga Alloh melindungi Dammaj dan ahlinya dari rongrongan orang-orang kafir rafidhoh dan orang-orang hasad. semoga Alloh hancurkan makar jahat mereka. amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image