Mau Bubarkan Hizbiy? Ini Caranya!

JAKARTA – Desakan pembubaran Front Pembela Islam (FPI) terus disuarakan. Hizb di bawah pimpinan Habib Rizieq tersebut dianggap kerap melakukan aksi anarkis.

Namun, menurut Ketua Pansus RUU Ormas Abdul Malik Haramain, pembubaran ormas tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Ada sejumlah mekanisme yang harus ditempuh untuk membubarkan Ormas.

Kata Abdul Malik, ada beberapa cara yang harus ditempuh bila ingin membubarkan ormas-ormas yang dianggap meresahkan dan merugikan masyarakat. “Jadi ada dua mekanisme. Pertama masyarakat bisa adukan keberatan mereka atas organisasi yang merugikan. Bisa adukan ke Kemendagri. Kedua, Kemendagri tanpa pengaduan masyarakat bisa tuntut ke pengadilan,” ujar Abdul Malik usai diskusi Polemik RUU Ormas di Cikini, Jakarta, Sabtu (26 Rabiul Awwal 1433H / 18 Peb’2012).

Selanjutnya, Abdul menjelaskan, nantinya, pengadilan akan mempertemukan pihak penuntut dengan ormas yang dituntut untuk berdialog. Selanjutnya, barulah pengadilan memutuskan apakah ormas yang dimaksud layak dibubarkan atau dibekukan.

“Di pengadilan, selama 30 menit berproses akan terjadi dialog antara pentuntut dengan organisasi yang dituntut. Pengadilan memutuskan apakah layak untuk dibekukan dan dibubarkan,” ungkapnya.

Proses tersebut, menurut Abdul adalah sebagai upaya agar tindakan pembubaran ormas tidak dilakukan secara represif. “Saya kira itu salah satu cara untuk menutup kemungkinan represif atau menutup kemungkinan potensi kesewenang-wenangan pemerintah. Karena yang melaksanakan UU ini kan bukan pemerintah pusat, tapi juga kepada gubernur, bupati dan kades. Bisa dibayangkan kalau enggak pakai mekanisme pengadilan, nanti kades seenaknya,” jelasnya.

“Apalagi sekarang semua serba langsung. Ketika tidak suka terhadap salah satu ormas justru dengan seenaknya memutuskan,” imbuhnya.

(okezone)

Baca juga 5 artikel terakhir di Blog Sunniy Salafy:

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Firqah Hizbiyah, INFO SUNNIY, Nasional
16 comments on “Mau Bubarkan Hizbiy? Ini Caranya!
  1. imran mengatakan:

    bubarkan jil. ahmadiyah dan pendukungnya

  2. Anti Rodja mengatakan:

    bubarkan radio rodja, radio irja dan hizby

    • Abu Abdirrohman mengatakan:

      Baru tau nih, kalo rodja radio hizbiy.
      wa laa taqfu maa laisa laka bihi ‘ilm…

    • firdaus mengatakan:

      iya setuju utk bubarkan radio irja…apalagi yg hizbiyun yg sdh cap syeh yahya adalah bukan ulama.pdhl syeh muqbil sbg perintis pondok dammaj sdh dg ikhlas utk mewarisi pondok tsb kpd beliau sblm syeh muqbil wafat.
      justru anehnya hizbiyun ini saat serang atturot tahun 1999 pake hujjahnya syeh yahya tapi lucunya kok sekonyong konyong sekarang bkata bhw syeh yahya adlh bukan ulama.,anehhhhh?????
      pdhl syeh hasan arroimi (murid senior albani)+syeh robi mengakui bhw syeh yahya adlh alim,sholeh.wara
      syeh albani: “…yg cela syeh robi atau syeh muqbil…maka dia jahil atau ashabul hawa…”(kaset huda wa nur)
      ayo..patungan pulsa utk telp syeh robi atau syeh hasan arroimi spy tahu siapa tokoh idola kita yg hizby.

  3. bubarkan salafi mengatakan:

    Bubarkan Hizbus Salafi (Partai Salafi):
    —-link deleted by admin—-

  4. Pak ustadz, kalau Hizbut Tahrir apakah sudah ada yang melaporkan ke pemrintah? bukannya banyak juga yg tidak sejalan dengan ormas yg satu ini tapi kok tidak bubar – bubar ya?
    mohon tanggapannya, syukron

  5. muslimah mengatakan:

    kalau hizbut tahrir dibubarkan, apakah menjadi sebuah jaminan,, syubhat2 mereka bisa menjauhi kita? ‘afwan, admin cerdik mengutip topik yang kontroversi. kalau berbicara ormas, otomatis bermakna secara luas. karena topik terkait FPI, maka pembubarannya jauh lebih mashlahat insyaa allaah, wallahua’alam

  6. muslimah mengatakan:

    subhanallaah.. dengan lancangnya orang2 takfir memurtadkan para penguasa kaum muslimin yang mana para penguasa melakukan kemaksiatan kepada allah. cukuplah apa yang telah dilakukan salah satu imam ahlusunnah al imam ahmad rahimahullaah yang pada saat itu khalifah yang condong pada ulama mu’tazilah yang meyakini al qur’an adalah makhluq. pada ini jelas perbuatan kekufuran.apakah al imam memurtadkan khalifah pada saat itu? RENUNGI. karena pemahamn takfir inilah maka mereka menghalalkan darah kaum muslimin. benih2 takfir telah lama ada dan seiring bergejolaknya zaman.. pemahaman takfir ini bak jamur yang tanpa disadari si empunya. siapa musuh siapa lawan? timbanglah dengan ‘ilmu dan merujuk pada ahlul ‘ilm dan tidak hanya menukil2 saja. wal’iyadzu billah. ana melihat teramat banyak syubhat yang tertera pada komentar2 di atas. semoga allah memberi taufiqnya . wallahua’alam

  7. muslimah mengatakan:

    da’wah salafy adalah da’wah tauhid yang menjadikan rasulullah shallallahu’alayhi wa sallam dan para sahabat radhiyallahu’anhuma sbg pedoman dan tuntunan. gangguan adalah suatu keniscayaaan ketika berada di atas manhaj salafusholeh. dari tanggapan antum terlihat jelas antum tidak(belum) memahami da’wah salafy seutuhnya (minimal antum bermajelis dengan asatidz2 yang lurus aqidahnya yang kokoh di atas al haq yg tdk takut celaan org2 yang mencela yang mereka tegak di atas ilmu menimbang segala sesuatu dg ilmu dan ruju’ kepada ahlul ‘ilm). ketika kita sibuk dengan mengkritisi penguasa tapi kita lupa masyarakat yang dikukung kesyirikan berupa quburiyun, sufi dan lainnya. tidak akan baik umat ini sebelum mereka mengikuti apa2 yang membuat para salaf baik.

    mengenai HTI.. ‘afwan menegakkan syari’at islam ? iyakah? bagaimana mungkin jika jalan yang ditempuh tidak berkesesuaian dengan apa yang nabi shallallahu’alayhi wa sallam tuntunkan. menegakkan islam tapi menggunakan cara2 kufar spt demo dalam berda’wah. apakah ini dibenarkan. para aktifis2 muda yang semestinya mereka duduk fokus menimba ‘ilm kepada ulama ahlusunnah tapi justru berkoar2 tanpa ada rasa takut apa yang mereka sampaikan itu apakah sebuah kebenaran (biasanya kebenaran menurut kelompoknya) ataukah tdk. lihatlah para salaf rahimahumallah yang justru menghadapi para penyimpang spt jahmiyah, mu’tazliah ,qadariyah dll. hingga mereka mengritisi da’wah tauhid. allahaul musta’an

    benar adanya, asy syaikh albani rahimahullah akhirnya meminta mereka keluar ruangan ketika beberapa aktifis2 HTI yg waktu itu menemui beliau utk diskusi kr mrk menjadikan ro’yu sbg landasan. mempelintir ayat sesuai dg ro’yu mrk.allahul musta’an. ini pengalaman ana wkt aktif di HTI dl (jk tdk dikatakan tanggapan hanya teori saja atau qila wa qola saja,wallahul musta’an).

    kita bisa buka kembali apa yang dilakukan sahabt abu hurairoh radhiyallahu’anhu ketika seorang “pencetus” pemahaman menyimpang menemui beliau. tidaklah beliau bermanis muka tapi membantah dengan hujjah karena kecemburuan thd dien ini

    kita mengajak mereka utk membenahi kembali aqidah dan manhajnya agar tercapai kemenangan kaum muslimin sebagaiamana yang allah janjikan. alih2 ingin menegakkan syari’at islam,, akan dikhawatiri akan menambah perpecahan dan membuat umat tidak akan faham da’wah sunnah nabiyullah shallallahu’alayhi wa sallam. wallahua’alam

  8. muslimah mengatakan:

    para ulama ahlusunnah tidak lepas memberi nasehat kepada penguasa dengan bertemu langsung (tidak dengan demo yang membuka aib di depan umum. kr HTI (salah 1 nya) menjadikan membuka aib penguasa di khalayak ramai adslh mabda mrk.wallhul musta’an), dengan hikmah. kebenaran hanya SATU, kesesatan BANYAK. kenalilah kebenaran maka engkau akan mengenali ahlinya. wallahua’alam.

  9. singgah mengatakan:

    Bismillah
    Barokallahu fiyk. ana sepakat dengan Ukhty muslimah.
    Fudhail bin iyadh rahimahullah berkata jangan sesekali engkau duduk dan bermajelis dengan ahlul bid’ah karena allah akan membutakan hati kalian

    para imam ahlusunnah seperti al imam adh dharimi, al imam ahmad dan al imam abu kilabah rahimahumallah berkata janganlah kalian duduk dengan ahlul ahwa’ (yang meliputi jahmiyah, mu’tazilah, sufiyah, syi’ah, khawarij dll) dan jangan kalian berdebat dengan mereka karena mereka akan menenggelamkan kalian karena mereka akan mencampuradukkan atau menyamarkan yang tadinya kalian yakin itu sebuah kebenaran hingga kalian menjadi ragu.

    al imam ahmad rahimahullah tidak segan-segan menunjuk hidung seorang pembesar khawarij (al qarabisi) yang tadinya seorang ahlussunnah lalu menyimpang menjadi mu’tazIlah

    Imron (seorang thalib yang belajar kepada Muhaddits rahimahullah) menjadi salah seorang pembesar khawarij KARENA PERGAULAN.

    al imam abdulllah Ibn Mubarok berkata TINGGALKAN periwayatan amr bin Tsabit karena ia pernah mencela Sunnah

    terkait HTI bisa dibuka buku HT Mu’tazilah Gaya Baru karangan Muhaddits Asy Syaikh Al ALbani rahimahullah

    untuk semua terkhusus ukhty muslimah.. ahsan untuk menjauhi tanggapan dari topik fitnah seperti ini karena khawatir anty tidak lagi sensitif terhadap kebid’ahan. semoga Allah memberi taufiq Nya. aamiin. barokallahu fiyk

    Untuk admin, untuk lebih selektif lagi dalam penyaringan penampilan tanggapan. jika ada yang ditampilkan maka antum punya amanah di hadapan Allah nanti kecuali antum meluruskan atau mengoreksi hal2 yang berbau syubhat. ittaqiilah!!

    wassalamu’alaykum

  10. wong awwam mengatakan:

    bismillah
    tidaklah kekafiran itu akan kembali kepada 2 fihak.yakni kepada yang layak mendapatinya(krn hilang penghalang2nya dan terpenuhi syarat2 sesorang dikattegorikan kafir) ataukah kekafiran tersebut akan kembali kepada si pengucapnya. wal’iyadzu billah.

  11. ansharusunnah mengatakan:

    Nasehat Al Ustadz Muhammad As Sewed Hafizhahullah
    Nasihat saya kepada ikwah salafiyyin untuk tidak berbicara di internet dgn sesuatu yg membikin perpecahan ditengah salafiyyin.

    Berbicaralah apa2 yg mendukung untuk tersebarnya ilmu dan nasihat para ulama.

    Sabar untuk tidak terpancing oleh dasais(penyusup) yg ingin memecah belah salafiyyin.

    Hendaklah jangan berbicara tentang penyimpangan pribadi tertentu kecuali yg sudah jelas dgn bimbingan fatwa para ulama.

    Syaikh Abdullah dan syaikh utsman menasihatkan untuk mencabut semua tulisan yg memuji hizbiyyin dan yg membuat perpecahan dikalangan salafiyyin. dan hendaknya memulai dgn menyebutkan kelebihan dan pujian diantara asatidzah salafiyyin.

    Barakallahu fiikum.

    Sumber :http://mahad-annur.com/nasehat-al-ustadz-muhammad-umar-as-sewed-hafidzahullah/

    Faidah Penting yang bisa kita petik dari Nasehat Ustadzuna Muhammad AsSeweed (Hafizhahullah)

    Harusnya Meninggalkan sebab-sebab perpecahan di kalangan salafiyyin
    Menggunakan internet sebagai sarana berdakwah,menyampaikan Al Haq dan Mentahdzir Umat dari Kebatilan
    Tidak Mengghibahi Pribadi-pribadi tertentu kecuali memang ada hal yang menyelisihi Syariat yang harus di jelaskan pada Umat (di bawah bimbingan Orang-orang Berilmu)
    Mewaspadai dan Bersabar dari berbagai upaya Dasais (para penyusup) yang berusaha memecah belah salafiyyin)
    Nasihat Masyaikh Ahlussunnah (Asyaikh Abdullah Al Mar’i dan Asyaikh Utsman) yang Biiznillah memberikan Muhadharah di Negeri yang kita cintai ini.Nasehat Mereka Hafizhahumullah adalah “NASEHAT UNTUK MENCABUT SEMUA TULISAN YANG MEMUJI HIZBIYYUN” (masuk di dalamnya Radio Rodja dan Dai-dainya atau yang semisal mereka),karena tazkiyah,pujian,rekomendasi terhadap Hizbiyyun akan memecah belah Salafiyyun dan sebab di antara sebab perpecahan di tengah-tengah salafiyyin

    Sumber : https://atsarsunnah.wordpress.com/2013/07/06/nasehat-al-ustadz-muhammad-umar-as-sewed-hafizhahullah/

    • ansharusunnah mengatakan:

      silahkan temukan dalam kitab Kun salafiyyah ‘ala jaddah. ulama salaf sudah banyak menuliskan tentang hal itu.

  12. ansharusunnah mengatakan:

    inilah al ‘allamah Al muahddits asy syaikh muqbil rahimahullah mengatakan
    tentang
    USAMAH BIN LADEN
    •Termasuk orang yang tertipu lagi terkelabui
    •Saya berlepas diri dari Usamah bin Laden, dia seorang laki-laki penumpah darah.
    •Tidak selayaknya ilmu itu diambil dari Usamah bin Laden, Mis’ari atu selain keduanya. Tetapi ilmu itu diambil dari para ulama semisal Syaikh bin Baaz, Syaikh Utsaimin, Syaikh Rabi’, Syaikh Fauzan dan semisal mereka ini yang memiliki keutamaan

    HASAN AL BANNA
    •Termasuk Imam dari kalangan Imam-imam Ahlul Bid’ah
    •Seorang yang menyimpang, ahlul bid’ah. Karena sesungguhnya dia pernah melakukan thawaf di kuburan sebagaimana yang telah shohih perkara itu darinya dan saya juga telah diberi kabar tentangnya, bahwa dia menghadiri perayaan maulid nabi.

    anda tidak faham apa itu murji’ah… silahkan baca fatwa ‘Ulama kibar tentang ke murji’ah an hasan al halaby..

    tinggalkanlah majelis bid’ah ini !!kaidah salaf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image