BBM Indonesia Termurah ke-7 di Dunia

JAKARTA – Saat ini, hanya sedikit negara yang masih memberikan subsidi BBM kepada rakyatnya. Dengan subsidi itulah harga BBM masih bisa murah di tengah lonjakan harga minyak dunia.

VP Komunikasi PT Pertamina Mochamad Harun mengatakan, saat ini, dengan harga BBM Rp 4.500 per liter, Indonesia masuk dalam jajaran negara dengan harga BBM termurah di dunia. ”Indonesia ada di urutan ke tujuh (negara dengan harga BBM termurah),” ujarnya di Jakarta kemarin (26 Rabiul Tsani 1433H / 19 Maret’12).

Menurut Harun, negara yang masih memberikan subsidi besar sehingga harga BBM nya bisa sangat murah adalah negara-negara penghasil minyak yang melimpah. ”Hanya Indonesia negara net importer yang masih memberikan subsidi besar untuk BBM,” katanya.

Indonesia masuk golongan negara net importer karena konsumsi BBM nya lebih tinggi dibandingkan produksi minyaknya. Akibatnya, Indonesia harus mengimpor minyak atau BBM untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.
Sebagai gambaran, dengan tingkat produksi minyak sekitar 900 ribu barel per hari, kebutuhan minyak/BBM Indonesia mencapai 1,3 juta per hari, sehingga setiap hari Indonesia harus mengimpor setidaknya 400 ribu barel minyak/BBM.

Harun menyebut, negara-negara dengan harga BBM termurah adalah Venezuela, Iran, Saudia Arabia, Qatar, Kuwait, Uni Emirat Arab, dan ke tujuh adalah Indonesia.

”Negara lain itu produksi minyaknya jauh lebih besar dari Indonesia dan jumlah penduduknya lebih dari Indonesia, jadi cukup pantas jika memberikan subsidi untuk BBM murah,” ucapnya.

Namun demikian, apa yang disampaikan Harun tersebut sedikit berbeda dengan data sebuah perusahaan asuransi asal Inggris, Staveley Head, yang dirilis akhir tahun 2011 lalu. Dalam laporannya, Staveley Head menyebutkan daftar 10 negara dengan harga BBM termurah di dunia. Perbedaan data ini bisa terjadi karena harga BBM memang akan naik turun sesuai dengan nilai mata uang (kurs) di masing-masing negara.

Berikut adalah data dari Staveley Head.

Di urutan ke-10 adalah Uni Emirat Arab (UEA) dengan harga BBM Rp 4.300 per liter, lalu Bahrain Rp 3.159 per liter, Qatar Rp 2.575 per liter, Kuwait Rp 2.457 per liter, dan Libya : Rp 1.636 per liter.

Kemudian, di urutan ke empat adalah Saudi Arabia dengan harga BBM Rp 1.404 per liter, lalu Iran Rp 1.287 per liter, Nigeria Rp 1.170 per liter, Turkmenistan Rp 936 per liter, dan negara dengan harga BBM termurah di dunia adalah Venezuela sebesar Rp 585 per liter.

(batampost)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam BBM Subsidi, INFO SUNNIY, Nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image