SBY: Polri Kawal Unjuk Rasa, TNI Amankan Obyek Vital Negara

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bagi-bagi tugas Polri dan TNI mengamankan unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM. Polri diminta mengawal pendemo dan TNI mengamankan obyek vital negara.

Demikian perintah Presiden SBY mengenai penanganan aksi unjuk rasa seiring rapat paripurna BBM yang disampaikan Jubir Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, melalui telepon, Jumat (07 Jumadil Ula 1433H / 30 Maret 2012).

“Jajaran kepolisian tetap kawal aksi unjuk rasa. Lakukan tindakan persuasif namun tegas terhadap anarkisme,” ujar Julian.

Julian mengatakan tidak ada larangan kepada siapa pun untuk berunjuk rasa di mana saja. Aksi penyampaian pendapat adalah hak warga negara yang lazim di dalam negara demokrasi.

“Semua boleh ngomong apa saja, tapi yang tertib. Jangan ganggu kepentingan umum dengan aksi pengerusakan, pembakaran dan kekerasan,” kata dia.

“Apalagi tadi malam ada korban, Kapolsek Senen yang dikeroyok pengunjuk rasa itu. Kami simpati kepada Polri atas peristiwa itu,” lanjut dia.

Menurut dia, penanganan massa pengunjuk rasa menjadi tanggung jawab Polri. Sementara pengamanan obyek vital negara, Polri bisa saja meminta bantuan kepada TNI, seperti yang diberlakukan dalam Operasi Lilin, Malam Tahun Baru dan sebagainya.

Obyek vital negara bukan hanya kompleks Istana Merdeka atau kantor pemerintahan. Tapi semua fasilitas umum yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas.

“Gedung DPR termasuk obyek vital negara yang perlu untuk diberi pengamanan. Apalagi hari ini anggota dewan berkumpul untuk rapat paripurna sehingga keamanannya juga perlu dijaga,” kata Julian.

“Aparat tidak untuk berhadapan dengan warga, tapi agar aksi unjuk rasa berlangsung tertib, tanpa ada kekacauan, aksi anarkis apalagi jatuh korban. Tidak boleh ada orang atau kelompok dibiarkan melakukan apapun atas nama aksi unjuk rasa atau demokrasi,” sambungnya.

(detikNews)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam BBM Subsidi, INFO SUNNIY, Nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image