Perluasan Masjidil Haram Untuk Menampung Tambahan 1,5 Juta Jamaah

Syaikh Abdurrahman As-Sudais, Kepala Badan urusan Dua Masjid Suci, kemarin memeriksa kemajuan pekerjaan pada perluasan terbesar Masjidil Haram di Makkah dan mengatakan fasilitas baru itu akan menampung 1,5 juta jamaah.

Dia memuji Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah yang telah membuat proyek senilai SR 80 miliar, yang terbesar dalam sejarah masjid, sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan fasilitas bagi jutaan peziarah yang datang untuk haji dan umrah.

“Sejumlah proyek baru telah diimplementasikan di dalam masjid dan di Masaa (area sa’i antara bukit Safa dan Marwa), membantu peziarah melakukan ritual haji dan umrah mereka dengan mudah,” kata Syaikh As-Sudais, yang telah ditunjuk sebagai kepala badan bergengsi bulan lalu.

Yahya Binladin, wakil ketua Grup Binladin, menjelaskan kepada Syaikh tentang sistem canggih yang diperkenalkan dalam perluasan baru untuk menjamin kelancaran arus peziarah, terutama selama musim puncak. Ada pemantauan keamanan canggih dan sistem pembuangan sampah di halaman sekitar masjid. Jalur baru akan terkait dengan bangunan yang ada dengan jembatan. Ini akan disediakan dengan AC canggih dan sistem pencahayaan.

Kunjungan Syaikh As-Sudais mencakup stasiun layanan, yang sedang dilaksanakan di atas lahan seluas 75.000 meter persegi. Ini akan memiliki sistem pendingin udara ramah lingkungan, tangki air dan sistem pembuangan sampah. Dia memuji upaya para pekerja dan pengawas untuk menyelesaikan proyek sesuai jadwal.

Raja Abdullah meletakkan batu pondasi untuk proyek besar-besaran Agustus lalu dan didedikasikan untuk dunia Islam. Seluas 456.000 meter persegi di barat laut dan timur laut dari masjid, proyek ini mencakup pembangunan gedung baru dan perluasan dan pengembangan halaman sekitar masjid.
Sebuah terowongan 1.200 meter panjang akan dibangun dari akhir perluasan melewati Jabal Hindi sementara terowongan yang lain dengan panjang 1.100 meter akan dibangun di bawah Jabal Madafie.

Terowongan Darurat sepanjang 700 meter melintasi dua terowongan lainnya akan dibangun dari Jabal Al-Ka’bah.

Pemerintah telah menghabiskan sekitar SR 40 miliar dalam penggusuran properti untuk proyek tersebut. Ekonom Aabid Al-Abdali dari Umm Al-Qura University mengatakan jumlah yang akan memicu ledakan ekonomi belum pernah terjadi sebelumnya di kota suci. Dia memperkirakan produk domestik bruto Makkah adl SR123 miliar.

(ArabNews)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Arab Saudi, INFO SUNNIY, Masjidil Haram, Timur Tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image