Arab Saudi Mengulurkan Tangan Membantu Dua Negara Afrika

Jeddah – Arab Saudi memperpanjang pinjaman SR45 juta ke Sierra Leone dan Mozambik. Kedua negara Afrika tersebut menghadapi tantangan ekonomi yang signifikan. Uang tersebut akan digunakan untuk membangun sekolah-sekolah di negara bagian tenggara Afrika Mozambik. Kerajaan Saudi Arabia juga mengirim konsinyasi obat bernilai jutaan riyal ke Sierra Leone, sebuah negara Afrika Barat dengan populasi muslim mayoritas miskin.

“Sumbangan dari obat-obatan merupakan bagian dari program kerjasama dalam kerangka Sierra Leone’s Free Health Care Initiative diluncurkan pada 1431H / 2010,” kata MB Jalloh, juru bicara dari kedutaan Sierra Leone di Riyadh kemarin. Jalloh menunjukkan bahwa para pejabat Saudi menyerahkan obat pada upacara singkat di Freetown International Airport di Sierra Leone beberapa hari lalu.

Dia mengatakan bahwa dukungan Saudi akan terus meningkat dalam membantu Free Health Care Initiative dari pemerintah Sierra Leone, yang berkomitmen untuk menawarkan layanan kesehatan gratis dan obat-obatan kepada wanita hamil dan menyusui dan anak-anak kurang dari lima tahun. Juru bicara memuji lanjut gerakan KSA dan mengatakan bahwa pemerintah Sierra Leone telah menerima bantuan Saudi dan fasilitas pinjaman lunak pada beberapa kesempatan di masa lalu juga.

Ditanya tentang pinjaman Saudi diperluas ke Mozambik, seorang diplomat Afrika yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa pendidikan adalah prioritas utama bagi pemerintah Mozambik. Negara ini terus menderita tingkat buta huruf tinggi karena warisan kolonialisme dan perang sipil selama 16 tahun yang diikuti dengan kemerdekaan dari Portugal pada tahun 1394H / 1975.

“Mozambik masih kekurangan sekolah dan guru yang cukup untuk menjamin pendidikan bagi kaum muda bangsa,” kata diplomat itu, sementara mengacu pada infrastruktur pendidikan miskin negara itu.
Fasilitas pinjaman bahwa Dana Saudi untuk Pembangunan (SFD) diperpanjang, kata dia, akan membantu untuk membangun empat sekolah di provinsi-provinsi utara Cabo Delgado dan Niassa di Mozambik. Dua dari sekolah akan menjadi sekolah menengah: Satu di Niassa ibukota provinsi, Lichinga, dan yang lainnya di Cabo Delgado distrik Namuno. Sekolah yang lain akan menjadi sekolah tingkat menengah kejuruan teknik di kabupaten Balama (Cabo Delgado) dan Majune (Niassa).

Dia mengatakan bahwa SFD dan the Jeddah-based Islamic Development Bank (IDB) tertarik untuk mendukung proyek-proyek pendidikan dan proyek lainnya di Mozambik dan Sierra Leone, dua anggota negara termiskin dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Ketika ditanya tentang rincian pinjaman SFD ke Mozambik, ia mengatakan bahwa perjanjian pinjaman telah ditandatangani di Maputo Jumat lalu. Menteri Keuangan Mozambik Manuel Chang dan wakil Kepala SFD Yousef I. Al-Bassam menandatangani perjanjian. Ini menunjukkan minat yang besar dari Arab Saudi dalam mendukung upaya pemerintah Mozambik dalam membangun infrastruktur dan meningkatkan kemakmuran ekonomi.

Keterlibatan SFD dalam strategi pengurangan kemiskinan Mozambik mulai tahun 1432H / 2011, dengan ditandatanganinya kesepakatan kerjasama pembiayaan untuk perlindungan pantai City Maputo. SFD juga akan berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan dan melengkapi rumah sakit umum di kota utara Nampula di negara itu. Sebuah misi Saudi adalah proyek segera di Mozambik.

Kerajaan Saudi Arabia juga berkomitmen untuk mendukung proyek-proyek di negara-negara miskin lainnya di seluruh benua Afrika.

(arabNews)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Afrika, Arab Saudi, INFO SUNNIY, Timur Tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image