Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadhan Dilakukan 29 Sya’ban 1433H (19 Juli 2012)

Lampung — Pemerintah RI akan menggelar sidang itsbat penetapan awal ramadhan 1433H pada hari Kamis, 29 Sya’ban 1433H / 19 Juli 2012, di auditorium, Kemenag, Jl.MH.Thamrin No.6, Jakarta Pusat. Hal itu diungkapkan Menag Suryadharma Ali.

Menag meminta agar Muhammadiyah untuk hadir pada isbat tersebut. Ajakan ini merupakan respons dari keinginan Muhammadiyah yang tidak mau ikut pada sidang isbat tersebut. “Saya berharap Muhammadiyah hadir di sidang isbat. Persatuan dan kebersamaan itu lebih baik daripada perbedaan,” ujarnya.

Menurut Menag pada sidang itsbat itu akan dilakukan ru’yatul hilal untuk menentukan awal Ramadan. Setelah mendapatkan laporan dari berbagai daerah mengenai ru’yah, baru bisa disimpulkan kapan dimulainya puasa.

Sementara itu, Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil mengatakan, pihak tetap mengundang Muhammadiyah untuk ikut sidang itsbat. “Undangan sudah dilayangkan ke Muhammadiyah, sebagai anggota Badan Hisab dan Rukyah (BHR) Kemenag,” jelas Abdul Djamil.

“Perkara mereka tidak datang, ya tidak apa-apa. Tetapi lebih baik datang untuk menunjukkan kekompakan Islam di Indonesia,” kata Abdul Djamil. Kalaupun nantinya Muhammadiyah tetap mangkir di sidang isbat, tambah Abdul Djamil, keputusan sidang tetap berlaku dan harus dijalankan.

(kemenag)

Arab Saudi

Sementara itu Al-Mahkamah Al-Ulya fii As Su’udiyah (Mahkamah Agung Arab Saudi) meminta semua kaum muslimin di Kerajaan Saudi Arabia untuk melihat hilal (bulan sabit) Ramadhan Mubarak pada Kamis malam, 29 Sya’ban 1433H, sesuai dengan 19 Juli 2012, menurut Kalender Ummul Qura.

Dalam pengumuman yang dibuat pagi ini, Mahkamah Agung juga meminta siapapun yang melihat hilal Ramadhan Mubarak melalui mata telanjang atau melalui teropong untuk melaporkan ke pengadilan terdekat dan mendaftar kesaksiannya, atau melaporkan ke otoritas daerah gubernuran jika tidak ada hakim di daerah di mana terlihat hilal untuk memfasilitasi mencapai ke pengadilan terdekat.

Mahkamah Agung juga mendesak semua umat Islam untuk melihat hilal sebagai bentuk ta’awun ‘alal birri wat taqwa (tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan)

(arabnews)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Agenda Kita, Arab Saudi, Asia, Buka Puasa, Fiqih, Hilal, INFO SUNNIY, Puasa, Ramadhan, Sahur, Shalat, Shaum, Tarawih, Timur Tengah
One comment on “Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadhan Dilakukan 29 Sya’ban 1433H (19 Juli 2012)
  1. andriyunantoro mengatakan:

    Bismillah. Akh, fontnya ahsannya warna hitam dan rata kanan kiri. Barakallahu fik.

    CSS nya sudah ana rubah font menjadi warna hitam. Kalau boleh tahu memangnya kenapa dengan warna yang selama ini ditampilkan?

    Adapun align paragraft tidak bisa karena tidak ada pilihan justify (rata kanan kiri). Atau antum tahu caranya mohon bisa dishare. Hayakallah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image