Press Rilis MUI Terkait Pembantaian Umat Muslim yang Dilakukan Musyrikin Budha di Myanmar

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk kekerasan dan pembiaran yang dilakukan Pemerintah Myanmar terhadap pembantaian umat muslim Rohingya di negara bagian Arakan (Rakhine), Myanmar.

“Pemerintah Junta Militer dan umat mayoritas di Myanmar telah melakukan pelanggaran HAM terhadap Muslim Rohingya,” kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin di Gedung Pusat MUI, Jakarta, Rabu.

Ma’ruf mengatakan umat Islam Rohingya yang dibunuh di Arakan sudah mencapai enam ribu orang. Ini merupakan kejahatan kemanusiaan dan pelanggaran HAM yang sangat berat.

Ia pun menyesalkan pernyataan Presiden Myanmar Thein Sein yang menganggap etnis Rohingya bukan orang asli Myanmar melainkan imigran gelap.

“Hal itu sangat bertentangan dengan sejarah karena muslim Rohingya sudah tinggal di Arakan bahkan sebelum Burma yang sekarang jadi Myanmar merdeka dari Inggris pada 1948,” katanya.

Oleh karena itu, Ma`ruf menyerukan kepada umat Islam di Indonesia merespon kejadian tersebut dengan mendesak Pemerintah Indonesia agar segera mengambil langkah-langkah strategis guna menghentikan kekerasan terhadap Muslim Rohingya di Myanmar.

MUI juga meminta Pemerintah Indonesia untuk mendesak PBB melakukan langkah konkret menindaklanjuti peristiwa kekerasan dan pelanggaran HAM yang dialami muslim Rohingya.

“Sangat disesalkan hingga saat ini Dewan Keamanan PBB belum mengirimkan pasukan perdamaian untuk melindungi etnis Rohingya di Myanmar,” katanya.

Kekerasan komunal pecah di wilayah Arakan antara etnis Rakhine yang beragama Buddha dan Rohingya yang mayoritas Islam pada Mei lalu.

Hingga kini, kekerasan terhadap minoritas muslim Rohingya di Arakan, Myanmar, masih terus terjadi dan tercatat enam ribu umat Islam tewas dibunuh.

Myanmar berpenduduk 75 juta jiwa dan menurut PBB muslim Rohingya yang berjumlah 800.000 orang merupakan salah satu kaum minoritas paling tertindas di dunia.

(ANTARA News)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Asia, INFO SUNNIY, Myanmar
4 comments on “Press Rilis MUI Terkait Pembantaian Umat Muslim yang Dilakukan Musyrikin Budha di Myanmar
  1. Waldi mengatakan:

    ijin share..

  2. aris ais mengatakan:

    Saat Budhis minoritas di indonesia…… muslim menghargai mereka……..
    Saat Muslim minoritas di Burma….. Budhis Membantai mereka…..

    • hend mengatakan:

      artinya saatnya kita peduli…jangan hanya Istighfar…..dan pasrah….hajar juga kalau perlu…rosul dan sahabat jg angkat senjata…beliu jg enggk mau terus di dholimin.

  3. hend mengatakan:

    Bukanya kejadian itu sudah lama berlangsung….kenapa sekarang baru pada heboh….yang ada di PBB sanapun MUSLIM nya juga minoritas … mknya mereka enggk bgitu cepat reaksi. coba yg di bantai non muslim.!!! tp yg jelas muslim enggk akan spt itu. karena tidak ada dalam ajaranya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image