Pertemuan Darurat Negara-Negara Islam di Arab Saudi untuk mengatasi Suriah dan Myanmar

Sekjen Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Ekmeleddin Ihsanoglu menyambut panggilan Khadimul Haramain Asy Syarifain (Penjaga Dua Masjid Suci) Raja Abdullah yang menggelar pertemuan luar biasa Islam di Makkah pada 26-27 Ramadhan / 14-15 Agustus untuk membahas situasi yang suram di sejumlah negara Muslim dan mencari cara untuk menyelesaikannya. “Situasi tragis di Suriah dan nasib Muslim Rohingya di Myanmar akan menjadi tema agenda puncak,” katanya pada konferensi pers yang diadakan di markas besar OKI kemarin.

Pertemuan puncak ini diselenggarakan untuk meningkatkan upaya perdamaian di tengah-tengah perpecahan dan perselisihan di kalangan umat Islam serta untuk memperkuat persatuan Islam dan solidaritas. Raja Abdullah mengundang kepala negara Muslim dan para pemimpin untuk menghadiri konferensi. Ihsanoglu juga mengumumkan rencana OKI untuk meningkatkan $ 500 juta bantuan dari negara-negara anggota untuk membantu rakyat Suriah yang mengungsi dalam konflik saat ini. Krisis kemanusiaan di Suriah telah berkembang menjadi dimensi-dimensi sehingga setidaknya $ 500 juta dalam bentuk bantuan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Suriah, katanya dalam pertemuan negara-negara donor.

Suriah dalam pergolakan pemberontakan terhadap pemerintah Presiden Bashar Al-Assad, yang berupaya meredam pemberontakan dengan kekerasan telah mendorong ribuan warga sipil dari rumah mereka, banyak dari mereka mengungsi ke negara tetangga Suriah. “Kami menyerukan upaya kemanusiaan meningkat dan kerjasama antara organisasi internasional dan regional dalam rangka untuk memberikan bantuan kemanusiaan mendesak untuk orang-orang Suriah di Suriah dan di negara tetangga,” katanya.

Mengacu pada prakarsa OKI berkelanjutan untuk meringankan penderitaan Muslim Rohingya serta untuk mengakhiri penganiayaan mereka di tangan mayoritas masyarakat, Ihsanoglu mengatakan bahwa pertemuan luar biasa Komite Eksekutif OKI akan diselenggarakan di Jeddah pada 16 Ramadhan / 5 Agustus.

Sayed Waqaruddin, ketua umum Federasi Arakan Rohingya, diundang untuk konferensi. Federasi ini dibentuk di bawah naungan OKI pada pertemuan 25 organisasi non-pemerintah dari Muslim Rohingya yang diadakan di markas besar OKI pada Jumadil Ula 1432H / Mei 2011.

Menurut kepala OKI, pertemuan konsultatif sedang diselenggarakan di Kuala Lumpur untuk mengeksplorasi prospek pengiriman bantuan kepada Muslim Rohingya. “Lebih dari 20 LSM kemanusiaan akan mengambil bagian dalam pertemuan untuk membahas tantangan yang dihadapi oleh mereka dalam mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada para pengungsi Muslim. OKI akan semakin meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan masyarakat internasional dalam memecahkan krisis ini, “tambahnya.

(arabNews)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Agenda Kita, Arab Saudi, Asia, INFO SUNNIY, Myanmar, Suriah, Timur Tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image