Pilunya Pengungsi Rohingya Berpuasa Tanpa Keluarga

Rangoon: Sejumlah pengungsi Rohingya yang berada di Medan, Sumatra Utara, prihatin denga pembantaian yang terjadi di Myanmar. Sebagian pengungsi yang telah berada dua bulan hingga satu tahun di Kota Medan itu berharap Pemerintah Indonesia bisa membantu mereka.

Setiap memandang foto-foto pembantaian yang beredar, rasa pilu pilu menyergap para pengungsi Rohingya yang saat ini berada di Penginapan Pelangi, Medan, Sumatra Utara.

Muhamad Nuh, salah satunya. Meski tak sanggup melihat foto-foto penuh penderitaan itu, namun hanya itulah kenangan yang tersisa bagi Nuh.

Masih terkenang detik-detik ia menyelamatkan diri dari kampungnya di Desa Maungdaw, Myanmar, meninggalkan ibu, ayah, serta adik-adiknya. Meninggalkan orang-orang yang dicintainya hingga akhirnya bersama 59 rekannya, ia terdampar di Medan atas bantuan International Organisation Migration.

Kini, di saat Bulan Ramadan, kehilangan itu makin terasa dalam. Beribadah tanpa keluarga tercinta semakin terasa menyiksa. Matanya berkaca-kaca jika menceritakan deritanya.

“Kalau puasa kita menangis karena tidak ada ibu-bapak di sini. Kalau beribadah dan salat sering menangis,” elu Nuh dengan nada terba-bata, Kamis (14 Ramadhan / 2 Agustus).

Hingga kini, kondisi Etnis Rohingya di Myanmar belum membaik. Pembantaian dan pembakaran masih terus terjadi. Human Right Watch, LSM menemukan kekerasan di negara bagian Rakhine, Myanmar, termasuk aksi pemerkosaan dan penyekapan terhadap Etnis Rohingya.

Mereka menyebut pemerintah Myanmar sengaja membiarkan kekerasan yang dipiicu konflik SARA ini.

Selama beberapa dekade sekitar 800.000 Etnis Rohingya tidak mendapat tempat di Myanmar. Meski sudah menetap sejak lama di Rakhine, etnis Rohingya tidak diakui sebagai warga Myanmar.

(liputan6)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Asia, INFO SUNNIY, Myanmar, Rohingya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image