Pendaftaran Online Bagi Peserta I’tikaaf pada 10 Hari Terakhir Ramadhan di Masjid Nabawi

Masjid Nabawi Madinah di Arab Saudi untuk pertama kalinya menerapkan sistem baru di mana jamaah harus mendaftar online sebelum i’tikaaf selama 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan.

Sistem baru bertujuan menjaga data identitas jamaah yang hadir di masjid selama i’tikaaf untuk alasan keamanan. Harapannya setiap orang mematuhi peraturan i’tikaaf ketika menghabiskan 10 hari terakhir bulan Ramadhan di masjid.

Di antara aturannya adalah menyangkut barang bawaan, yang hanya terbatas pada satu bantal dan selimut. Aturan lainnya termasuk menjaga kebersihan masjid, tidak mengganggu jamaah lain, dan hanya duduk di daerah yang disediakan untuk i’tikaaf di bagian utara masjid.

Peserta i’tikaaf dilarang menggantung pakaian mereka di rak-rak tempat meletakkan Al Quran atau di dinding dan jendela masjid dan meninggalkan barang-barang pribadi di dekat AC atau di rak sepatu. Mereka juga tidak diperbolehkan untuk duduk atau tidur di tempat di mana jamaah lainnya sedang melaksanakan sholat.

Menurut sistem baru, tepat setelah shalat Isya pada malam Idul Adha (hari raya qurban) semua peserta i’tikaaf diharapkan mengakhiri i’tikaaf mereka karena masjid mau dibersihkan.

Sistem online ini tidak hanya untuk kemashlahatan masjid tetapi juga bagi jamaah sehingga tidak perlu lagi antre memasuki masjid untuk mendaftar.

Ini juga akan memastikan bahwa jamaah akan membaca semua peraturan secara online sebelum datang. Sehingga diharapkan tidak ada yang melanggar peraturan dan penuh sesak di pintu masuk.

(alarabiya)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Agenda Kita, Arab Saudi, Fiqih, I'tikaf, INFO SUNNIY, Madinah, Masjid Nabawi, Ramadhan, Timur Tengah
One comment on “Pendaftaran Online Bagi Peserta I’tikaaf pada 10 Hari Terakhir Ramadhan di Masjid Nabawi
  1. homeschoolingalam mengatakan:

    سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيْمِ.tulisan yg sgt bermanfaat kalaupun saya tidak bisa melaksanakan itikaf krn baru memilijki bayi usia 3 bulan,saya menjadi semangat membaca artikel diatas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image