Upaya Arab Saudi Mengendalikan Praktik Ruqyah Ilegal

Pihak berwenang di Kerajaan Saudi Arabia sedang berupaya mengeluarkan UU untuk mengontrol praktik ruqyah atau penyembuhan penyakit dengan dibacakan ayat-ayat dari Al Quran dan Hadits nabi, surat kabar Al-Watan melaporkan.

Pemerintah KSA bertujuan mencegah penyalahgunaan ruqyah dengan mengeluarkan izin untuk mempraktekkannya.

Surat kabar itu mengatakan terhadap hukum bagi ekspatriat yang membuka praktik ruqyah padahal tidak terdapat dalam ketentuan kontrak kerja mereka, dan mereka harus ditangkap dan dideportasi ke negara mereka.

Di bawah undang-undang baru, izin hanya akan diberikan kepada mereka yang memiliki pengetahuan Syari’ah dengan benar. Mereka akan mendapatkan imbalan dari terapi ruqyah.

Selama ini ruqyah di Arab Saudi telah menjadi sebuah karir pekerjaan dengan mengubah rumah mereka menjadi tempat praktik ruqyah yang menghasilkan lebih dari 30.000 Real setiap bulan (senilai Rp. 75 Juta).

Mereka menjual air dan minyak ke korban, meyakinkan mereka akan sifat penyembuhan mereka. Langkah itu muncul setelah adanya laporan melalaui media, ada banyak insiden dan kesalahan yang dibuat oleh seorang raqi (orang yang meruqyah) sebagai akibat dari tidak adanya aturan untuk mengontrol kegiatan mereka.

“Beberapa dari mereka yang mempraktekkan ruqyah bahkan melakukan kekerasan seksual terhadap perempuan, orang lemah, atau meyakinkan pasien bahwa mereka kerasukan jin.” Kata Othman Al-Othman, seorang konsultan di Hai’ah Amar Ma’ruf wa Nahi Munkar.

Dia juga mengatakan bahwa banyak instansi pemerintah, termasuk Hai’ah, telah melakukan studi untuk menerapkan proyek baru dalam mengendalikan praktek ruqyah.

Dia mengatakan sudah ada komite yang mengontrol fungsi terapi ruqyah di Kerajaan Arab Saudi demi mencegah kaum Muslimin dari pelanggaran Syari’ah.

“Hai’ah tidak ada hubungannya dengan penerbitan lisensi untuk ruqyah,” kata Al-Othman, menambahkan bahwa kemudahan yang siapa pun dapat meruqyah telah menyebabkan situasi saat ini.

(ArabNews)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Aqidah Ahlus Sunnah, Arab Saudi, Doa dan Dzikir Shahih, INFO SUNNIY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image