1 Dzulhijjah 1433H Jatuh Pada 17 Oktober 2012

JAKARTA–Pemerintah Indonesia telah menetapkan 1 Dzulhijjah 1433 H bertepatan pada hari Rabu, 17 Oktober 2012. Sehingga, Idul Adha atau 10 Dzulhijjah 1433 Hijriyah akan jatuh pada hari Jumat 26 Oktober 2012 mendatang. Keputusan tersebut ditetapkan dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 159 tahun 2012 tentang Penetapan 1 Dzulhijjah 1433 H.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasarudin Umar saat memimpin Sidang Itsbat Awal Dzulhijjah 1433 H di Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Thamrin, Jakarta, Senin (29 Dzulqa’dah 1433H / 15 Okt’12).

“Penetapan ini diambil berdasarkan hisab dan rukyat dari berbagai sumber yang adapat dipercaya. Bahkan, 31 propinsi di Indonesia juga menyatakan tidak dapat atau belum melihat hilal,” ungkap Nasarudin.

Nasarudin menjelaskan, hasil perhitungan yang dihimpun oleh Badan Hisab Rukyat (BHR) Kementerian Agama dari berbagai sistem hisab telah ditentukan bahwa ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia masih di bawah ufuk antara -2 derajat sampai dengan -4 derajat.

“Jadi memang hasil pelaksanaan Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia melaporkan bahwa hilal tidak terlihat,” tuturnya.

Diketahui, sidang Itsbat yang dilaksanakan pada Senin (29 Dzulqa’dah 1433H / 15 Okt’12) dihadiri oleh perwakilan Komisi VIII DPR RI, Pejabat Kementerian Agama Eselon I dan II, Majelis Ulama Indonesia (MUI), organisasi masyaralat (Ormas) Islam dan lain sebagainya. Namun, perwakilan dari Muhammadiyah tidak tampak menghadiri sidang Itsbat tersebut.

(jpnn)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Agenda Kita, Dzulhijjah, Haji, Idul adha, INFO SUNNIY, Kurban
2 comments on “1 Dzulhijjah 1433H Jatuh Pada 17 Oktober 2012
  1. randy mengatakan:

    Reblogged this on rndyjr and commented:
    Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 159 tahun 2012 tentang penetapan 1 Dzulhijjah 1433 H jatuh pada 17 oktober. dengan ini Idul Adha atau 10 Dzulhijjah jatuh pada hari jumat 26 Oktober 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image