Ketika Muslim Dunia Berbicara dengan Bahasa Isyarat di Makkah Tatkala Menunaikan Ibadah Haji

Mengangguk, tersenyum, mengerutkan kening, dan gerakan tangan menjadi bahasa isyarat di kota suci Mekkah di mana umat Islam berkumpul dari seluruh dunia untuk menunaikan ibadah haji.

Di Masjidil Haram, tempat di mana Ka’bah berada, seorang perempuan Afrika mengeryitkan dahinya dan melambaikan tangannya kepada seorang jamaah perempuan Turki, untuk memberitahukan bahwa ibadah belum berakhir. Lawan bicaranya rupanya mengerti, ia mengangguk, tersenyum, lalu melanjutkan ibadah. Setelah ritual usai, mereka saling bersalaman dengan senyum lebar. Tanpa kata yang terucap.

Ini semua terjadi dalam keheningan, kedua wanita ini menyadari bahwa mereka tidak bisa berdialog denga bahasa yang sangat berbeda.

Beberapa kilometer dari sana, seorang polisi berusaha mengatur para jamaah yang masuk dan ke luar dari masjid. Menggunakan gerak tangannya untuk mengatur kerumunan, yang menyuarakan bahasa berbeda yang bergema di dalam bangunan masjid.

Tapi keheningan berakhir ketika sholat dimulai dan semua jamaah melafalkan kitab suci Muslim Al Quran, dan menyembah Allah Subhanahu wata’ala dalam bahasa Arab.

Berbicara bahasa Inggris sangat sulit, jamaah asal Turki mengatakan, “Di masjid kami memahami dengan rambu-rambu.”

Rambu-rambu dalam masjidil Haram dan hall ka’bah paling banyak diilustrasikan dengan gambar di samping tulisan terutama dalam bahasa Inggris, Arab dan Urdu.

Tantangan bahasa

Pihak berwenang Saudi telah mengambil langkah kecil untuk mencoba mengatasi berbagai tantangan bahasa yang dialami oleh oleh lebih dari dua juta orang jamaah haji asing yang datang setiap tahun untuk pertemuan terbesar muslim di dunia.

Jamaah haji yang berangkat ke Saudi melalui terminal haji di bandara Jeddah, mereka bertemu dengan pejabat dari kementerian haji, banyak dari mereka yang mampu memberikan petunjuk dan nasihat dalam berbagai bahasa.

Jutaan buku-buku Islam, video ceramah, Mushaf Terjemahan Al Quran dan kaset dalam berbagai bahasa juga diberikan kepada jamaah haji yang datang dari luar negeri Saudi. Media menyediakan informasi dasar dalam 32 bahasa yang berbeda.

Layanan internet hotline tentang manasik haji juga telah dibentuk untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari para jamaah dalam bahasa Arab, Inggris, Perancis, Urdu, Indonesia, Turki, Bengali dan Hausa.

Pihak berwenang telah meluncurkan aplikasi gratis smart phone yang memberikan penjelasan sederhana tentang tata cara ibadah haji dalam empat bahasa – bahasa Inggris, Arab, Indonesia, dan Urdu.

Sementara itu Hai’ah Amar Ma’ruf wa Nahi Munkar As Su’udiyah (polisi syariah Arab saudi) mempekerjakan 700 penerjemah untuk memandu jamaah di Mekkah dan Madinah.

Beberapa jamaah juga berinisiatif mempelajari beberapa bahasa Arab sebagai bekal sepanjag menunaikan ibadah haji.

“Saya telah belajar beberapa kata-kata Arab untuk membantu saya berkomunikasi dengan orang-orang di sini. Saya dapat mengatakan ‘syukran’ yang berarti terima kasih dan ‘sabr’ yang berarti kesabaran, ” Kata seorang jamaah Amerika Serikat asal Nigeria.

(Al Arabiya)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Agenda Kita, Arab Saudi, Haji, Idul adha, INFO SUNNIY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image