Apakah Bumi Itu Bulat atau Datar?

Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Pertanyaan:

Surat berikut berasal dari sebuah acara (program siaran) dari Kenya, dikirim oleh saudara kita, penuntut ilmu, Ibrahim Muhammad Al-Awwal. Saudara kita tersebut mengatakan, “Saya mendengar siaran Nurun ‘alad-Darb dan saya mendapatkan banyak manfaat dari siaran tersebut. Oleh karena itu, saya ingin mengirim pertanyaan-pertanyaan ini kepada anda semua karena topik yang sangat membingungkan bagi saya. Pertama adalah: Apakah bumi itu bulat atau datar?”

Jawaban:

Menurut para ahli ilmu (ulama Islam) bumi itu bulat, karena sesungguhnya Ibnu Hazm dan sekelompok ulama lain menyebutkan bahwa telah ada konsensus (kesepakatan bulat, ijma’) di antara ulama bahwa bumi itu bulat. Ini berarti bahwa semuanya terhubung bersama-sama sehingga menjadikan planet bumi seperti bola. Namun, Allah Azza wajalla telah menghamparkannya untuk kita dan Dia telah menempatkan gunung-gunung di atasnya dan menempatkan hewan dan laut di atasnya sebagai rahmat bagi kita.

Demikianlah Allah Azza wajalla berfirman,

وَإِلَى الأرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْ

“Dan bumi bagaimana ia dihamparkan?” (al-Ghaasyiyah: 20)

Oleh karena itu, (Bumi) dijadikan datar untuk kita dalam posisi hamparan sehingga makhluk hidup dapat merasa nyaman di atasnya. Fakta bahwa bumi itu bulat tidak bertentangan bahwa permukaannya telah dibuat datar. Hal ini karena sesuatu yang bulat dan sangat besar, permukaannya akan nampak rata (hamparan). Maka permukaannya akan menjadi hamparan atau luas (yaitu memiliki penampilan datar). Na’am.

fatwa-online

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Fatwa, Fiqih, Ilmu dan Ulama
One comment on “Apakah Bumi Itu Bulat atau Datar?
  1. abu_ubaidillah mengatakan:

    Bismillah. Ada video makhluk bernyawa di blog antum akh. Nampaknya ini dari wordpressnya ya.

    Video apa akhi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image