Memilih Sekolah (Lembaga Pendidikan) untuk Anak

Asy Syaikh Abdus Salam bin Abdullah as-Sulaiman

Hendaknya orangtua bersemangat untuk selektif memilih lembaga pendidikan untuk anaknya. Maka yang dijadikan tolok ukur adalah yang terbaik, bukan yang terdekat. Maka mintalah pertimbangan kepada ahlut tarbiyah (pakar pendidik) dan guru pembimbing tentang lembaga pendidikan yang terbaik.

Lembaga pendidikan membawa pengaruh yang luar biasa kepada anak didik karena mereka menghabiskan seperempat waktunya dalam sehari di sana, itulah masa yang selalu dikenang. Di lembaga pendidikan mereka mendapatkan pengajaran, pembinaan, teman, dan komunitas.

Oleh karena itu, wajib bagi orangtua untuk senantiasa menjalin hubungan dengan pihak lembaga pendidikan, dengan cara mengunjunginya atau telepon untuk menanyakan keadaan putra putrinya, dan menanyakan akhlak dan adab (perilaku) dan pergaulannya sebelum menanyakan rangkingnya.

Demikian juga hendaknya orangtua memantau pelajaran mereka dengan mengulang pelajaran dan memantau buku tugas (PR-pekerjaan rumah / LKS-lembar kerja siswa, dan semacamnya). Mengetahui kekurangan dan potensi keilmuan anaknya untuk diarahkan ke arah yang positif.

Membantu pengajaran anaknya, berhubungan dengan pihak lembaga pendidikan dan guru-gurunya, menyediakan buku dan alat tulisnya, dan jenjang pendidikannya yang terbaik akan menjadikan dia cerdas dan pintar dengan izin Allah Subhanahu wata’ala.

[Dinukil dari Kitab Tarbiyatul Aulad fii Dhaui al-Kitabi wa as-Sunnati, Penulis Abdussalam bin Abdullah as-Sulaimani, Taqdim Syaikh Shalih Fauzan, pembahasan terakhir]

Baca juga 5 artikel terakhir di Blog Sunniy Salafy:

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Potret Keluarga, Tarbiyatul Aulad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image