Tips Belanja Hemat

Masithah Ummu Harun


Hemat adalah kata kunci untuk bisa memenuhi kebutuhan keluarga dan ada anggaran untuk tabungan. Tabungan yang dimaksud adalah untuk biaya pendidikan sebagai investasi menjadikan anak-anak sebagai rijalud dakwah, pembela ulama dalam barisan Salafiyyin kelak, insya Allah. Juga ada anggaran untuk infak taklim dan kebutuhan orang tua.

Seiring dengan menaiknya bahan makanan dan BBM maka ada beberapa post yang memang harus dipangkas untuk menutupi post lainnya. Secara kasat mata dapat ditebak kalau post yang harus ditutupi adalah belanja bulanan.

Namun ada tips bagaimana untuk menutupi belanja bulanan. Gini caranya.

– Jangan membeli sayur mayur dan lauk di tukang sayur. Namun belilah sayur mayur dan lauk di pasar induk ata pasar besar seminggu sekali. bisa hemat sampai 50%. Bayangin aja kami cuma belanja habis paling besar antara 25 ribu sampai 30 ribu dah dapat macam-macam, untuk kebutuhan 7 hari. Namun kalau di tukang sayur bisa 10 ribu setiap hari.

– Ajak ngobrol tukang sayur, bisa tentang perkara agama sampai topik umum yang tidak keluar dari batas syar’i, tujuannya untuk mempererat ukhuwah islamiyah dan itu..ehm..ehm… bisa dapat harga murah (kan dah langganan ..he..he)

– Beli sesuai dengan kebutuhan aja, pas, tepat. Misal beli sayur 4 jenis dan lauk 4 jenis. Ndak masalah kalau ada 2 hari selang seling makan dengan sayur dan lauknya sama. Namun konsekuensinya adalah kamu punya kulkas di rumah untuk nyimpan sayur mayur dan lauk selama seminggu. kalu ndak punya coba deh beli aja, karena pengertian hemat adalah meskipun kamu mengeluarkan 800 ribu untuk efisiensi maka keluarin aja, dan meskipun cuma ngeluarin 100 perak untuk pemborosan maka jangan dikeluarin.

– Beli kebutuhan hidup, misal sampo, sabun, gula, susu, terigu, dan lainnya sebulan sekali di awal bulan di Supermarket. Bisa hemat sd 75 persen daripada beli di warung. Biasanya kami cuma habis 350 ribu sekali belanja di awal bulan

– Cari supermarket atau swalayan yang paling murah di kotamu.

– Biaya transportasi dan parkir diitung juga sebagai perbandingan

Dengan demikian, sebulan cuma habis 350 ribu ditambah (25 ribu X 4) = 450 ribu…. wow….

Kalau ada sisa untuk tabungan duniawi dan tabungan ahirat. Perlu diperhatikan juga untuk pergi ke pasar induk atau pasar besar dan supermarket lihat kondisi. Bisa saja biarkan suami aja yang ke sana, karena kebanyakan pedagang adalah laki-laki dan memang tempat itu kurang aman untuk wanita. Selain itu supaya cepat paling lama cuma 1 jam dah sampai ke rumah lagi. Kecuali jika dirasa aman dari fitnah maka silahkan saja ikut untuk melihat-lihat harga yang bersaing di Supermarket.

Tips di atas adalah untuk kamu yang mau hidup sederhana apa adanya, tidak menjadikan dunia sebagai tujuan. Tujuan utama adalah ahirat, adapun dunia sebagai persinggahan semata. Ndak usah bersedih dengan naiknya harga-harga. Bagi orang beriman semuanya dilalui dengan biasa aja dan bertawakkal hanya kepada Allah Tabaroka wata’ala.

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. (QS. At Thalaq : 3)

Demikian, wallahu a’lam

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam INFO SUNNIY, Potret Keluarga
One comment on “Tips Belanja Hemat

Komentar ditutup.

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image