Pertemuan Para Ulama Ahlussunnah Yaman di Daarul Hadits Ma’bar (10-12 Jumada Tsaniyah 1434H / 20-22 April 2013)

Bismillah,

Pertemuan Para Ulama Ahlussunnah Yaman di Daarul Hadits Ma’bar terselenggara pada tanggal 10-12 Jumada Tsaniyah 1434H / 20-22 April 2013

Pada beberapa hari sebelum pertemuan Guru kami Asy-Syaikh Muhammad Al-Imam mengumumkan bahwa akan diadakan pertemuan para masyayikh di Dar Al-Hadits, Ma’bar. Maka kami merasakan bahwa kegembiraan akan datang, dengan bertemu para masyayikh, mendapatkan berbagai siraman nasehat dari mereka semua.

Bisa kami katakan bahwa seluruh masyayikh Yaman datang menghadiri pertemuan ini, terutama Masyayikh Kibar yang disebutkan Asy-Syaikh Muqbil Rahimahullah dalam wasiat beliau. Hanya saja Asy-Syaikh Yahya Al-Hajury tidak hadir dalam pertemuan ini.

Sebagaimana disebutkan oleh Pengajar sekaligus Imam di Dar Al-Hadits Ma’bar (Asy-Syaikh ‘Aidh Ar-Rabi’i) dalam pengantarnya:

“Selamat datang kami ucapkan kepada para tamu di masjid Allah Ta’ala ini, terutama sekalian ulama (masyayikh) ahlus sunnah wal jama’ah, dan yang terdepan adalah para ulama seperti:

  1. Asy-Syaikh Al-Walid Al-’Allamah Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wushaby.
  2. Asy-Syaikh Al-Walid An-Naqid Al-Bashir Abdul ‘Aziz Al-Bura’i.
  3. Khathib Ahlus Sunnah Asy-Syaikh Al-Walid Abdullah bin U’tsman Adz-Dzamary.
  4. Hakim Ahlus Sunnah Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Ash-Shumaly.
  5. Asy-Syaikh Al-Fadhil Al-Faqih Abdurrahman bin ‘Umar Al-’Adny.
  6. Asy-Syaikh Al-Fadhil Al-Muhaddits ‘Utsman As-Salimy.

Dan juga masyayikh yang lain yang saya tidak ingat nama mereka, atau saya tidak tahu nama mereka, atau karena sempitnya waktu maka tidak memungkinkan untuk menyebutkan mereka satu demi satu.”

Sabtu 10 Jumada Tsaniyah 1434H / 20 April 2013

Setelah Zhuhur

  1. Pengantar Asy-Syaikh ‘Aidh Ar-Rabi’i  (Download Di Sini)
  2. Ceramah Asy-Syaikh Ahmad bin Salim Az-Zabidy (Download Di Sini)
  3. Ceramah Asy-Syaikh Abdullah Al-Qadiry (Download Di Sini)

Setelah Ashr

  1. Pengantar Asy-Syaikh Bakri Al-Yafi’i (Download Di Sini)
  2. Ceramah Asy-Syaikh Nu’man Al-Watr (Download Di Sini)
  3. Ceramah Asy-Syaikh Fu’ad Ats-Tsulaya (Download Di Sini)
  4. Ceramah Asy-Syaikh Ahmad bin Hasan Ar-Raimy (Download Di Sini)

Sebenarnya setelah Asy-Syaikh Nu’man adalah Asy-Syaikh Abdullah Mar’i sebagaimana telah desbutkan oleh Asy-Syaikh Bakri dalam pengantarnya, namun beliau ditunggu-tunggu belum berkesempatan maju ke depan.

Antara Maghrib dan Isya’

  1. Pembukaan Asy-Syaikh Muhammad Al-Imam (Download Di Sini)
  2. Ceramah Asy-Syaikh Abdurrahman bin Umar Mar’i Al-’Adny (Download Di Sini)
  3. Ceramah Asy-Syaikh Abdullah bin ‘Utsman Adz-Dzamary (Download Di Sini)
  4. Ceramah Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wushaby  (Download Di Sini)

Hari Ahad 11 Jumada Tsaniyah 1434H / 21 April 2013

  1. Setelah Subuh: Ceramah Asy-Syaikh ‘Ali Al-Qalishy (Download Di Sini)
  2. Setelah Zhuhur: Ceramah Asy-Syaikh ‘Utsman As-Salimy (Download Di Sini)
  3. Setelah Ashr: Ceramah Asy-Syaikh Abdullah bin ‘Utsman Adz-Dzamary (Download Di Sini)
  4. Setelah Maghrib: Ceramah Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Ash-Shumaly (Download Di Sini) dan Tanya Jawab bersama Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wushaby (Download Di Sini)

Pada hari ketiga, hari Senin 12 Jumada Tsaniyah 1434H / 22 April 2013

Setelah ‘Ashr Asy-Syaikh Muhammad Al-Wushaby memberikan ceramah untuk umahat dan akhwat, dan setelah Maghrib diagendakan tanya jawab. Kalau file sudah ada insyaallah kami cantumkan link downloadnya.

Dan pada hari ini Syaikhuna Asy-Syaikh Muhammad Al-Imam setelah pelajaran ba’da Zhuhur menyampaikan;

“Bahwa ijtima’ (pertemuan) ini bisa terwujud dengan pertolongan Allah Azza wajalla, setelah itu dengan adanya ta’awun dari semua pihak, dalam bentuk dana, ucapan, pemikiran dan tenaga. Dan kita mengucapkan Jazahumullah khairan katsira, semoga Allah Azza wajalla memberikan barakah kepada mereka semua, kepada hartanya, kepada keluarganya dan kepada seluruh keturunannya.”

Kemudian beliau menggambarkan hasil pertemuan para masyayikh yang terkait dengan permasalahan khilaf antara Asy-Syaikh Abdurrahman dengan Asy-Syaikh Al-Hajury:

“Bahwa para masyayikh tetap mengedepankan upaya menjaga keutuhan dakwah, menjaga keutuhan ukhuwah antara sesama ikhwah ahlus sunnah. Oleh karenanya para masyayikh dalam mewujudkan upaya ini mereka menyusun sebuah nasehat untuk disampaikan kepada Asy-Syaikh Yahya Al-Hajury. Semoga dengan ini beliau bisa bersama-sama lagi mengemban dan menjaga keutuhan dakwah salafiyah ini. Semoga Allah Ta’ala memberikan petunjuk dan taufiq-Nya kepadanya.”

Insyaallah akan kami nukilkan sebagian nasehat dari para ulama di atas, semoga memberikan manfaat bagi kita untuk memperbaiki diri-diri kita semua. Sehingga kita bisa dipertemukan dengan para ulama dan kaum shalihin di akhirat nanti.

Dan kalau ada link download yang rusak tafadhol disampaikan pada kami.

Barakallhu fiikum.

Sumber: http://thalibmakbar.wordpress.com/2013/04/22/pertemuan-para-masyayikh-yaman-di-dar-al-hadits-mabar/

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Al Manhaj As Salafus Shalih, Ilmu dan Ulama, INFO SUNNIY, Ma'bar, Tokoh Teladan, Urgensi Dakwah, Yaman
4 comments on “Pertemuan Para Ulama Ahlussunnah Yaman di Daarul Hadits Ma’bar (10-12 Jumada Tsaniyah 1434H / 20-22 April 2013)
  1. Ummu Muhammad mengatakan:

    Akhuna Abdulloh Mathir -waffaqohulloh- berkata: “Aku telah bertanya kepada Syaikh –yaitu Imam Al Wadi’i- dan demi Alloh, saat itu tiada antara aku dan beliau kecuali Alloh –azza wajalla-. Ketika aku berada di kamarnya di atas ranjang beliau (ketika beliau sakit). Kukatakan,”Wahai Syaikh, kepada siapa para Ikhwah akan merujuk (kembali) di Yaman ini ?, dan siapakah orang yang paling berilmu di Yaman?” beliau diam sejenak, lalu berkata,“Asy Syaikh Yahya.” Inilah yang kudengar dari Syaikh Muqbil, dan ini tidaklah maknanya kita merendahkan ulama Yaman yang lain. Sungguh kita benar-benar memuliakan dan mencintai mereka karena Alloh.. dst.” [“Muamarotul Kubro”/hal. 24]

  2. abu kholid mengatakan:

    na’am ya ukhty

  3. muslimah mengatakan:

    @Ummu muhammad .. Lalu ketika asy syaikh yahya melakukan apa yang telah terjadi, apakah kita masih merujuk kepada beliau? bukankah hanya rosulullaah shallallahu’alayhi wa sallam saja yang perkataannya tidak bisa ditolak? apakah ketika seorang tabi’in terfitnah oleh pemahaman menyimpang khawarij dari istrinya lalu juga kita ikuti? dimanakah wala’ dan baro’ kita? ketika asy syaikh yahya merendahkan ulama2 kibar? wal’iyadzubillah.. hanya nasehat yang dibutuhkan akan tetapi ketika nasehat itu ditolak dikarenakan fitnah merasa “besar” (yang itu biasanya menghampiri para thulab) lalu apakah kita taklid begitu saja? bukankah para imam rahimahumallah melarang kita untuk taklid buta? lihatlah wahai sodariku..dampak dari “sikap” dari asy syaikh yahya terhadap da’wah salafiyyah di seluruh dunia. semoga allah menyatukan kembali hati dan persatuan ikhwah salafiyin. wallahua’alam

  4. muslimah mengatakan:

    Asy-Syaikh Muhammad bin Hady hafizhahullah berkata “Saya bukan hujjah, hujjah ada pada perkataan Allah dan Rasul-Nya. Dan apa saja yang berasal dari Allah dan dari Rasul-Nya maka kita terima sepenuhnya. Sedangkan yang berasal dari selain keduanya maka perlu diteliti lebih dahulu ”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image