Termasuk Adab Pergaulan Adalah Mengetahui Nama Saudaramu Beserta Nasabnya dan Memelihara Janji

asy-Syaikh Abul Barakat Badruddin Muhammad al-Ghazzi

MENGETAHUI NAMA-NAMA SAUDARAMU DAN NASAB MEREKA

Dan termasuk adab pergaulan adalah mengetahui nama saudaramu dan nama ayah mereka agar tidak mengurangi hak-hak mereka nantinya.

Sungguh Ibnu Umar Radhiallahu’anhuma telah berkata, “Aku melihat Nabi Shallallahu’alaihi wasallam lantas aku mengikutinya. Kemudian beliau Shallallahu’alaihi wasallam bertanya, “Engkau mau ke mana koq mengikutiku?” Aku jawab, “Hendak ke tempat saudaraku di depan sana.” Maka Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Jika engkau mencintai seseorang maka tanyakan kepadanya tentang namanya, nama ayahnya, nama kakeknya, tetangganya, dan tempat tinggalnya. Jika ia sakit engkau bisa menjenguknya dan jika ia membutuhkan pertolongan engkau bisa menolongnya.”

MEMELIHARA PERJANJIAN

Dan termasuk adab pergaulan adalah melanggengkan persaudaraan dan terus menerus di atasnya serta jangan pernah bosan. Sungguhnya Nabi Shallallahu’alaihi wasallam telah bersabda,

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang terus menerus walaupun itu sedikit.” (Riwayat Muslim no. 783)

Berkata Muhammad bin Wasi’, “Orang yang cepat bosan tidak akan punya teman dan orang yang hasad tidak akan pernah merasa kaya.”

(Dinukil Dari Kitab Adabul ‘Isyrah wa Dzikru ash-Shuhbah wal Ukhuwwah, Penulis asy-Syaikh Abul Barakat Badruddin Muhammad al-Ghazzi)

Baca juga 5 artikel terakhir di Blog Sunniy Salafy:

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Adabul 'Isyrah, Akhlak Salaf, TAZKIYATUN NUFUS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image