Shalat dan Mempersembahkan Qurban Adalah Ibadah yang Tidak Boleh Ditujukan Untuk Selain Allah Azza wa Jalla

asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz Sulaiman al-Qar’awi

Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

“Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berqurbanlah.” (al-Kautsar: 2)

Penjelasan per-kata

Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu: yakni menegakkan shalat-shalat dengan ikhlas semata-mata mengharap wajah Allah Ta’ala.
Dan berqurbanlah: yakni menyembelih hewan untuk diqurbankan dengan menyebut nama Allah Azza wajalla dalam rangka taqarrub (mendekatkan diri) kepada-Nya.

Penjelasan global

Allah Subhanahu wata’ala menyuruh nabi-Nya, Muhammad shallalahu’alaihi wasallam tatkala mengerjakan dua bentuk ibadah ini harus dengan tawadhu (merendahkan diri) kepada-Nya, tunduk kepada-Nya, husnuzhan (berbaik sangka) dengan-Nya, dan dalam rangka taqarrub (mendekatkan diri) kepada-Nya.

Dua bentuk ibadah tersebut adalah shalat dan menyembelih hewan qurban, yang mana keduanya adalah a’zhamul ‘ibadah (ibadah yang paling agung) yang berhubungan dengan badan dan harta.

Faidah ayat ini

1. Wajibnya taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah dengan cara mengerjakan shalat.
2. Wajibnya taqarrub (mendekatkan diri) dengan cara menyembelih hewan qurban yang diawali dengan menyebut nama Allah (bismilah), bukan menyebut nama yang lain.

Ayat ini sebagai dalil atas bahwasanya taqarrub (mendekatkan diri) dengan cara menyembelih hewan qurban (mempersembahkan qurban) tidak sah kecuali untuk Allah Azza wajalla karena menyembelih hewan qurban adalah jenis ibadah. Sementara memalingkan ibadah untuk selain Allah Azza wajalla merupakan perbuatan syirik.

[Dinukil dari kitab Al Jadid Syarhu Kitabut Tauhid, Penulis asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz Sulaiman al-Qar’awi, hal. 105-106]

Baca juga 5 artikel terakhir di Blog Sunniy Salafy:

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Al Jadid Syarah Kitabut Tauhid, Fiqih Qurban, Idul Adha, Idul adha, Kurban, Tauhid Prioritas Utama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image