Salah Paham Dalam Doa

al-Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah

Banyak kita dapati doa-doa, yang suatu kaum berdoa dengan lafazh doa itu maka dikabulkan untuk mereka. Namun sesungguhnya bersamaan dengan doanya itu ada kebutuhan yang sangat mendesak dengan sungguh-sungguhnya dia menghadap Allah Ta’ala atau kebaikan yang dia lakukan, maka Allah Ta’ala kabulkan doanya sebagai terima kasih atas kebaikannya. Atau bertepatan dengan waktu dikabulkannya doa, dan yang semisalnya, maka dikabulkanlah doanya.

Kemudian ada orang yang menyangka bahwa rahasianya ada pada lafazh doa tadi. Maka serta merta dia mengambil lafazh doa itu tanpa perkara-perkara tadi yang menyertai doa itu. Ini seperti orang yang memakai obat yang bagus pada waktu yang tepat dengan dosis yang seharusnya maka dia sembuh. Dan orang yang lain memakai obat tanpa perkara-perkara yang tadi untuk mendapatkan apa yang dicari. Hal yang seperti ini keliru, inilah kesalahpahaman yang banyak menimpa kebanyakan manusia.

Termasuk dalam hal ini jika ada yang berdoa dalam kondisi yang dia sangat butuh terhadap doa itu di sisi kuburan. Maka ada orang jahil yang menyangka bahwa rahasianya ada pada kuburan tersebut, padahal dia gak tahu bahwa sebenarnya rahasianya adalah karena orang yang berdoa itu dalam kondisi kesulitan yang dia sangat butuh terhdap doa dan sungguh-sungguhnya dia dalam menghadap Allah Azza wa Jalla. Jika saja dia berdoa di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah tentunya itu lebih afdhal (utama) dan lebih dicintai oleh Allah Azza wa Jalla.

(Dinukil dari kitab ad-Da`u wad Dawa` aw al-Jawabul Kaafi, Penulis al-Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah, hal. 14)

Baca juga 5 artikel terakhir di Blog Sunniy Salafy:

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Ad Dau wad Dawa, Jawabul Kafi, TAZKIYATUN NUFUS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image