Berlebihan Kepada Kuburan Orang Shalih Akan Menghantarkan Kuburan Itu Jadi Berhala Yang Disembah Selain Allah Subhanahu wa Ta’ala

asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz Sulaiman al-Qar’awi

al-Imam Malik rahimahullahu meriwayatkan dalam kitabnya al-Muwaththa’, bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْ قَبْرِي وَثَنًا يُعْبَدُ. اشْتَدَّ غَظبُ الله عَلَى قَوْمٍ اتَّخَذُوا قُبُوْرَ أَنْبِيَاىِٕهِمْ مَسَاجِدَ

“Wahai Allah, janganlah Engkau jadikan kuburanku ini sebagai berhala yang disembah. Sangat besar murka Allah terhadap orang-orang yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai masjid-masjid (tempat ibadah).” (Diriwayatkan oleh Imam Malik no. 414 dan Abdur Razzaq juz 1/406 dan Ibnu Sa’ad juz 2/240-241. Dishahihkan oleh Ibnu ‘Abdil Baar dalam At Tamhid juz 5/42 dan Al Albani dalam Tahdz As Saajid hal. 26)

Penjelasan per-kata

Berhala yang disembah : Berhala adalah setiap apa-apa yang disembah selain Allah Subhanahu wa Ta’ala
Menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai masjid-masjid : Yakni membangun di atasnya tempat ibadah (walaupun tidak dinamakan masjid)

Penjelasan global

Periwayat hadits ini, yakni Imam Malik mengkabarkan kepada kita bahwasanya Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam meminta (berdoa) kepada Rabbnya untuk menjaga kuburan beliau dari upaya orang-orang yang ingin menyembah kuburan beliau shallallahu’alaihi wasallam.

Kemudian Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam menjelaskan tentang kemurkaan Allah Subhanahu wa Ta’ala bagi siapa yang menjadikan masjid (tempat ibadah) di atas kuburan para nabi. Lantas bagaimana mungkin mempersembahkan ibadah untuk penghuni kubur?!

Faidah hadits ini

1. Mengkhususkan kuburan sebagai tempat ibadah adalah perbuatan syirik karena bentuk pengagungan kepada penghuni kubur.
2. Penetapan sifat al-Ghadhab (Murka) bagi Allah Ta’ala sesuai dengan apa yang Allah Subhanahu wa Ta’ala tetapkan untuk diri-Nya.
3. Larangan membangun masjid di atas kuburan.
4. Larangan shalat di sisi kuburan meskipun tidak dibangun masjid, karena masjid adalah sebuah nama tempat untuk sujud meskipun tidak dibangun.

Hadits ini sebagai dalil atas bahwasanya kuburan bisa menjadi berhala untuk umat ini. Karena sebab itulah Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam meminta Allah Ta’ala untuk menjaga kuburan beliau shallallahu’alaihi wasallam dari upaya menjadikannya berhala.

Hadits ini juga menunjukkan bahwasanya menjadikan kuburan sebagai masjid (tempat ibadah) adalah wasilah (sarana yang menghantarkan) peribadahan kepada penghuni kubur, yang itu adalah perbuatan syirik lawan daripada tauhid.

[Dinukil dari kitab Al Jadid Syarhu Kitabut Tauhid, Penulis asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz Sulaiman al-Qar’awi, hal. 194-195]

Baca juga 5 artikel terakhir di Blog Sunniy Salafy:

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Al Jadid Syarah Kitabut Tauhid, Tauhid Prioritas Utama
One comment on “Berlebihan Kepada Kuburan Orang Shalih Akan Menghantarkan Kuburan Itu Jadi Berhala Yang Disembah Selain Allah Subhanahu wa Ta’ala
  1. syukur mengatakan:

    DAPATKAN BUKU HITAM PENYEMBAH KUBUR DARI LAA TASYUK! PRESS
    Buku Hitam Pengagung Berhala Kuburan Para Wali ini benihnya adalah dilatarbelakangi oleh Tipu Daya Dan Kepalsuan Dalil-dalil penulis Buku, “MENJAWAB TUDUHAN SEBAGAI PENYEMBAH KUBURAN” Dengan Ucapan-ucapan Dusta-nya. Nah! Melalui sikap dakwah yang keras, tegas, dan lugas, tanpa kompromi terhadap pengusung kesesatan para penyembah kubur, yang bisa menjerumuskan seorang muslim ke jalan kesesatan dan memalingkannya dari jalan yang lurus. Maka! Di dalam risalah ini, Mantan Kiai NU berusaha membongkar setiap pendapat dan penyimpangan yang banyak dilakukan oleh MUHAMMAD MA’RUF KHOZIN, yang kembar siam dengan Kh. Idrus Ramli & Muhammad Syafiq alydrus saudaranya. Mereka tidak punya dalil untuk mendukung kesyirikan mereka. Yang ada cuma dalil yang tidak tegas atau dalil yang tidak shahih. Dan ujung-ujungnya, alasan mereka adalah warisan tradisi. Semoga tulisan ini dapat menjadi sinar kebenaran bagi para pencari kebenaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image