Larangan Sholat Memakai Baju Berwarna Kuning

Saudaraku, barusan saya baca buku KOREKSI ATAS KEKELIRUAN PRAKTIK IBADAH SHOLAT oleh Syaikh Masyhur Hasan Salman. Ada salah satu bab namanya LARANGAN SHOLAT MEMAKAI BAJU WARNA KUNING

Naah lho… baju seragam kerja saya di tempat kerja kan kemeja panjang berwarna kuning…. waaah temen-temen yang paham sunnah pada kaget, gimana neeh…. yaah… sholat pada pakai jaket deh.

Baru tahu nih… Ayo semangat menuntut ilmu krn masih banyak yg kita belum tahu ternyata.

Semangat Beramal sebagaimana shahabat Ridhwanullah ‘alaihim Jami’an kalau ada larangan langsung menjauhi dan ketika ada perintah langsung dijalankan. Spt kisah banjir Khamr karena ada larangan khamr dan peristiwa ktk turun ayat hijab langsung para wanita memakai hijab walaupun dengan gorden. Trus gimana dunk.. gampang ketika sholat pakai aja jaket !

Dari Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam rnelihat kepadanya dalam keadaan memakai dua pakaian yang berwarna kuning, maka beliau berkata:

“Sesunguhnya ini jenis pakaian dari pakaiannya orang kafir, maka janganlah kamu memakainya” [Telah dikeluarkan oleh Muslim, Imam Ahmad, Ibnu Sa’d, Al-Hakim]

Al-Baihaqi menukil perkataan asy-Syafi’i, bahwasanya dia berkata: “Saya melarang seorang laki-laki terhadap perkara yang halal dalam segala keadaan, yaitu melumuri dirinya dengan za’faran. Jika dia telah melumurinya dengan za’faran, maka diperintahkan untuk mencucinya. Dan saya memberi rukhsah dengan pakaian yang diberi warna kuning, kecuali apa yang telah dikatakan oleh Ali: “Dia telah melarang aku”. dan aku (Asy Syafi’i) tidak mengatakan: “Dia telah melarang kalian.”

Al-Baihaqi berkata: “Dan telah datang perkataan yang demikian itu dari selain ‘Ali dan dia (al-Baihaqi) mengaitkan hadits Ibnu ‘Amr yang lalu. Kemudian berkata:

“Kalau yang demikian itu sampai kepada asy-Syafii tentu dia akan mengatakannya (bukan hanya pakaian yang dicelup za’faran melainkan semua baju berwarna kuning) dalam rangka mengikuti sunnah sebagaimana kebiasaannya”

Adapun al-Baihaqi radhiallahu’anhu telah mendalami permasalahan di dalam Ma’rifatus sunan dan ia rnenukilkan pembicaraannya tersebut. Dan ia berkata: “orang-orang sholat tidak menyukai baju yang diberi warna kuning, dengan pendapat ini telah berkata Abu Abdullah al-Halimi dari teman-teman kami, sedangkan sekelompok orang memberi keringanan di dalamnya dan sunnah itu lebih Utama untuk diikuti. Wallahu a’lam

Dari kitab KOREKSI ATAS KEKELIRUAN PRAKTIK IBADAH SHOLAT oleh Syaikh Abu Ubaidah Masyhur bin Hasan bin Salman

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Hidupkan Sunnah
KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image