Hukum Membaca Amin saat Imam sedang Berdo’a ketika Khutbah Jum’at

Syaikh Muhammad Shalih Al ‘Utsaimin

Syaikh Muhammad Shalih Al ‘Utsaimin ditanya :
Apakah mengucapkan "Amin" ketika imam sedang berdoa ketika khutbah Jum’at termasuk bid’ah, yakni ketika imam sedang berdoa (pada khutbah kedua) dan kami menyahutinya dengan mengucapkan "Amin?"

Jawab:
Mengucapkan "Amin" ketika khatib sedang berdoa dalam khutbah adalah tidak temasuk bid’ah. Jika khatib mendoakan kaum muslimin, maka disunnahkan untuk mengucapkan "Amin" dan ini tidak termasuk bid’ah. Bahkan hal ini dianjurkan, akan tetapi tidak dengan bersama-sama atau dengan suara yang tinggi.

Sesungguhnya yang masyru’ (yang disyariatkan) adalah agar seseorang mengucapkan "Amin" dengan sendirian (tidak bersama-sama) dan dengan suara yang lirih, sehingga tidak menimbulkan suara gaduh atau suara yang tinggi.

[Diambil dari kitab Fatawa Fadhilatus Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Syaikh Al Utsaimin, Penyusun Fayiz Musa Abu Syaikhah, Penerjemah Ali Murtadho Syahudi, Penerbit Najla Press]

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Matikan Bid'ah
KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image