Hukum Menyemir Rambut Bagi Wanita

Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al Fauzan

Jika rambutnya telah memutih (uban) maka ia diperkenankan menyemirnya dengan warna selain hitam, karena adanya larangan umum dari nabi Shallallahu’alaihi wasallam untuk menyemir rambut dengan warna hitam.

Imam an Nawawi dalam kitab Riyadhus Shalihin hal. 626, mengatakan, "Bab Larangan Bagi Lelaki dan Wanita Menyemir Rambutnya Dengan Warna Hitam". [1]

Di dalam kitab al Majmu’ I/324, ia mengatakan, "Larangan menyemir rambut dengan warna hitam tidak ada bedanya bagi lelaki dan wanita. Inilah madzhab kami (Madzhab Syafi’i)."

Adapun menyemir rambut hitam bagi wanita agar berubah menjadi warna lain, menurut hemat saya hal itu tidak boleh, karena tidak perlu. Dan karena kehitaman warna rambut adalah suatu keindahan, bukan warna buruk yang perlu dirubah. Di samping itu, melakukan semacam ini adalah menyerupai perbuatan wanita kafir.

[Dinukil dari kitab Tanbihat ‘ala Ahkam Takhtash bil Mukminat, Penulis Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al Fauzan, Edisi Indonesia Sentuhan Nilai Kefiqihan Untuk Wanita Beriman, Diterbitkan oleh Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Saudi Arabia di Jakarta, hal. 21]

_________
Footnote:

[1] Tambahan dari admin blog Sunniy Salafy:

باب نهي الرجل والمرأة عن خضاب شعرهما بسواد

عن جابر رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قال: أتي بأبي قحافة والد أبي بكر الصديق رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يوم فتح مكة ورأسه ولحيته كالثَّغَامَةِ بياضاً، فقال رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم: <غيروا هذا واجتنبوا السواد> رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Bab Larangan Bagi Lelaki dan Wanita Menyemir Rambutnya Dengan Warna Hitam

Dari Jabir Radhiallahu’anhu, katanya: "Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam didatangi oleh para sahabat dengan disertai oleh Abu Quhafah yaitu ayahnya Abu Bakar as-Shiddiq radhiallahu ‘anhuma pada hari pembebasan kota Makkah, sedang kepala dan janggut Abu Quhafah itu sudah putih bagaikan bunga tsaghamah, kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: "Ubahlah olehmu semua warna putih ini, tetapi jauhilah -yakni janganlah menggunakan- warna hitam." (Riwayat Muslim)

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Matikan Bid'ah, Potret Keluarga
KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image