Mari Bergabung dalam I’tikaf 10 Hari Terakhir Ramadhan dan Majelis Ilmiah di Ma’had As Salafy Jember (20-29 Agustus 2011)

Segala puji hanya bagi Allah, yang telah menyampaikan kita di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Hari-hari yang memiliki kelebihan dibanding lainnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada 10 terakhir Ramadhan ini meningkat amaliah ibadah beliau yang tidak beliau lakukan pada hari-hari lainnya.

Ummul Mu`minin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengisahkan tentang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada 10 terakhir Ramadhan :

كان رسول الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إذا دخل العشر – أي العشر الأخير من رمضان – شد مئزره، وأحيا ليله، وأيقظ أهله . متفق عليه

“Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila memasuki 10 terakhir Ramadhan, beliau mengencangkan tali sarungnya (yakni meningkat amaliah ibadah beliau), menghidupkan malam-malamnya, dan membangunkan istri-istrinya.” Muttafaqun ‘alaihi

Ramadhan tanpa i’tikaf? Rasanya ada yang kurang…

Ya, memang kurang…

Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu senantiasa melaksanakan i’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan ramadhan. Sebagiamana dalam hadits Ibnu Umar –radhiyallahu ‘anhuma- dalam Kitab Shahihain.

كان رسول الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إذا دخل العشر – أي العشر الأخير من رمضان – شد مئزره، وأحيا ليله، وأيقظ أهله . متفق عليه كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْتَكِفُ فِيْ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Dahulu Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- senantiasa melaksanakan i’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan”.

Maka dalam rangka menghidupkan sunnah ini –di samping keutamaan-keutamaan lain dari ibadah i’tikaf- diadakanlah i’tikaf selama sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan di Ma’had As Salafy, Jember.

Ramadhan kali ini, peserta i’tikaf mencapai angka kurang lebih seratus orang. Alhamdulillah, hari-hari disibukkan dengan ibadah beserta aneka ragamnya; shalat, dzikir kepada Allah, qira’atul Qur’an, istighfar, qiyamullail, nasihat dan kajian tematik serta berbagai ibadah lainnya.

Terlebih dari itu, agar saudara-saudara kita yang tidak berkesempatan untuk menghadiri majelis ta’lim bisa mendengarkan kajian ini melalui internet.

Berikut ini agenda i’tikaf di Ma’had As Salafy, Jember;

  1. Shalat Tarawih dan Qiyamullail

Shalat tarawih dimulai jam 01.00 – menjelang sahur.

No.

Malam

Surat Yang dibaca

1 Ke-21

Al Qashash – Al Ahzab

2 Ke-22

Saba’ – Ash Shaaffat

3 Ke-23

Shaad – Ghafir

4 Ke-24

Fushshilat – Zukhruf

5 Ke-25

Ad Dukhaan – Qaaf

6 Ke-26

Adz Dzariyat – At Tahrim

7 Ke-27

Al Mulk – An Nas

8 Ke-28
9 Ke-29
10 Ke-30
  1. Kajian Tematik

No.

Waktu

Pemateri

Tema dan Materi

1. 11.00 – qubail dzuhur

Al Ustadz Arif Madiun

Hadits Arba’in Nawawi

2. Ba’da Dzuhur

Al Ustadz Alfiyan

‘Aqidah Salaf Ashhabil Hadits

3. Ba’da ‘Ashar

Al Ustadz Hamzah dan Al Ustadz ‘Ali Nurdin

Sirrul I’tikaf (Rahasia I’tikaf) dan Keutamaan Amalan

4. Ba’da Isya’

Al Ustadz Luqman Ba’abduh

Tafsir As-Sa’diy dan Tanya Jawab Interaktif.

Ikutilah, shalat tarawih maupun kajian tematik secara langsung, Insya Allah melalui siaran streaming on line di www.salafy.or.id dan paltalk di room salafiyyin.

Materi Kajian bisa diambil (download) dari salah satu dari dua link berikut ini:

http://statics.ilmoe.com/kajian/users/salafy.or.id/materi-i_tikaf.pdf

atau

http://www.4shared.com/document/hFD8fBvM/materi_itikaf.html

Download rekaman kajian

Bagi ikhwan dan akhwat yang tidak sempat mengikuti kajian melalui streaming online melalui http://salafy.or.id, bisa mengunduh (download) rekaman kajian ini di alamat:

http://www.4shared.com/folder/-hA2haua/Rekaman_1432H.html

Tautan (link) di atas akan terus kami perbarui (update) selama proses kajian terus berlangsung.

Siaran PalTalk room Salafiyyin

Rangkaian kajian yang dilaksanakan di Ma’had As-Salafy Jember Insya Allah sudah bisa disimak melalui PalTalk di room Salafiyyin, dengan urutan:

Religion & Spirituality -> Islam -> Salafiyyin

Semoga Allah ta’ala menerima amalan ibadah kita. Amin ya rabbal ‘alamin.

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Agenda Kita, Buka Puasa, Daurah, Fiqih, I'tikaf, INFO SUNNIY, Jember, Kajian, Ma'had, Madrasah, Majelis Ilmu, Pondok Pesantren, Puasa, Ramadhan, Sahur, Shalat, Shaum, Tabligh Akbar, Taklim, Tarawih
KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image