Pendidikan Model Tanya Jawab Untuk si Kecil

Ummu Harun As Salafiyyah

Memberikan tarbiyah kepada anak hendaknya diberikan sejak usia dini, bahkan sejatinya dilakukan ketika masa hamil. Hal ini adalah sebuah keniscayaan agar kita beroleh anak yang shalih, cerdas, kuat, dan pintar.

Ada beberapa tipe dalam mendidik anak-anak kita, salah satunya adalah dengan model tanya jawab. Maksudnya kita memberikan pertanyaan dan kita ajarkan jawabannya kepada si kecil sehingga si kecil tahu maksudnya dan hapal bagaimana berislam dengan benar. Dan model memberikan pertanyaan dan jawaban adalah salah satu model pendidikan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasalam kepada para shahabat Radhiallahu’anhum, sebagaimana dalam hadits Jibril ‘Alaihis salam yang masyhur ketika mengajarkan makna islam, iman, dan ihsan kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam dan para shahabat radhiallahu’anhum

Pendidikan tanya jawab juga dipraktikkan oleh para ulama ketika memberikan materi keislaman kepada peserta didiknya. Bahkan buku-buku yang ditulis oleh para ulama banyak yang berjudul serial tanya jawab seperti buku kumpulan fatwa-fatwa para ulama, baik ulama salaf maupun ulama masa kini.

Untuk mengajarkan si kecil coba beri pertanyaan yang jawabannya simple dan gak panjang-panjang. Awali dengan tanya jawab seputar aqidah Islam yang shahih. Pemberian tarbiyah ini dilakukan di tengah-tengah suasana bermain dengan si kecil, ketika si kecil menyusu, ketika sedang maem, menjelang bobo siang dan waktu-waktu lainnya bersama uminya.

Ini beberapa contohnya:

Tanya: Siapa tuhanmu?
Jawab: Allah

Tanya: Siapa nabimu?
Jawab: Muhammad

Tanya: Apa agamamu?
Jawab: Islam

Tanya: Allah ada di mana?
Jawab: Di atas langit

Tanya: Kepada siapa kita berdoa?
Jawab: Allah

Tanya: Musuhmu siapa?
Jawab: Syaithan
Tanya: Siapa lagi?
Jawab: Yahudi

Tanya: Pedoman hidupmu apa?
Jawab: al-Quran
Tanya: Apa lagi?
Jawab: as-Sunnah

Tanya: Manhajmu apa?
Jawab: Salafy

Tanya: Apa dosa yang paling besar?
Jawab: Syirik

Bila si kecil bisa menjawab, berilah ia pujian, misal dengan perkataan, "pintaaar", "anak sholeh", dan selainnya. Kalau beberapa pertanyaan sudah hapal maka ajarkanlah ia pertanyaan yang lain. Wallahu a’lam.

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Potret Keluarga, Urgensi Dakwah
7 comments on “Pendidikan Model Tanya Jawab Untuk si Kecil
  1. sairi berkata:

    tarbiyah dilakukan sejak masa hamil itu maksudnya gmn, mana dalilnya ?

    Bismillah,
    Pendidikan anak sudah harus dimulai sejak dini, adapun dalilnya adalah keumuman dalam dari al Quran dan as Sunnah tentang kewajiban orang tua untuk mendidik anak, di antaranya surah at Tahrim ayat 6: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu”

    Dan juga pengajaran Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam kepada Ibnu Abbas Radhiallahu’anhu ttg aqidah. Dari Ibnu Abbas radliyallahu ‘anhu: “Pada suatu hari aku pernah berboncengan di belakang Nabi (di atas kendaraan), beliau berkata kepadaku:
    “Wahai anak, aku akan mengajari engkau beberapa kalimat:
    Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu?
    Jagalah Allah, niscaya engkau akan dapati Allah di hadapanmu?
    Jika engkau memohon, mohonlah kepada Allah?
    Jika engkau meminta tolong, minta tolonglah kepada Allah?
    Ketahuilah?kalaupun seluruh umat (jin dan manusia) berkumpul untuk memberikan satu pemberian yang bermanfaat kepadamu, tidak akan bermanfaat hal itu bagimu, kecuali jika itu telah ditetapkan Allah (akan bermanfaat bagimu)?
    Ketahuilah? kalaupun seluruh umat (jin dan manusia)berkumpul untuk mencelakakan kamu, tidak akan mampu mencelakakanmu sedikitpun, kecuali jika itu telah ditetapkan Allah (akan sampai dan mencelakakanmu)?
    Pena telah diangkat? dan telah kering lembaran-lembaran?(hadits riwayat Tirmidzi, hasan shahih)

    Adapun ilmu pengetahuan modern telah menganalisa bahwa kecerdasan otak janin sudah terbentuk, Menurut penelitian ilmiah terbaru, anak-anak dapat dididik sejak masih dalam kandungan. Waktu di kandungan, otak dan indra pendengaran anak sudah mulai berkembang. Emosi dan kejiwaan ibu, rangsangan suara yang terjadi di sekitar ibu, makanan yang dikonsumsi Ibu akan sangat mempengaruhi perkembangan otak anak di dalam kandungan.

    Demikian mbak, wallahu a’lam.

  2. sairi berkata:

    yang ditanyakan dalil mendidik anak sejak dalam kandungan dalam tuntunan islam, tapi kok dijawab dengan dalil ilmu pengetahuan modern yang selalu berubah² seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Berarti itu bukan hujjah yang mesti diikuti seperti sunnah…

    Dalilnya sudah sampaikan dalil umum dari al Quran dan as Sunnah. Juga saya tambahkan dengan analisa ilmu pengetahuan modern. Selama hal itu tidak bertentangan dengan syariat maka ndak mengapa kita mengikutinya apalagi jika penemuan itu benar adanya. Karena itu adalah penemuan duniawi tentu saja terserah anda jika mau mengikuti monggo silahkan jika tidak mau ya tidak berdosa.
    Ummu Harun

  3. sairi berkata:

    Bismillah..
    Jadi dapat ditarik 2 kesimpulan :
    1. Tidak ada dalil tentang pendidikan sejak dalam kandungan berdasarkan Al-Qur’an wa Sunnah.
    2. Yang ada ialah (sy kutip dari tulisan anda) : “Menurut penelitian ilmiah terbaru, anak-anak dapat dididik sejak masih dalam kandungan….dst..”

    Barokallahu fiikum, jazakillahu khoiron

  4. Buku: Himpunan Pengetahuan Islam Untuk Anak (208 Soal Jawab Seputar Islam)

    Penulis : Ummu Usamah ‘Aliyyah
    Murajaah : Al Ustadz ‘Abdul Mu’thi, Lc
    Cetakan : Muharram 1430 H/Januari 2009 M
    Penerbit : Penerbit Lainnya
    Ukuran : 14,5 cm X 20,5 cm
    Jumlah Halaman : 48
    Cover : cover dov
    Kertas Isi : HVS 60 gr
    Berat : 65 gram
    Jumlah Grosir : 3
    Diskon Grosir : 10%
    Harga : Rp12.500

    PENERBIT CINTA SUNNAH JOGJAKARTA

    Kali ini kakak ingin mengajak kalian belajar bersama dengan cara tanya-jawab. Buku ini berisi 208 tanya jawab seputar Islam. Kalian akan tahu beraneka macam pengetahuan tentang Islam.

    Dalam buku ini, ada materi aqidah, ibadah, akhlak, dan sirah/sejarah. Agar lebih asyik, lakukan Tanya jawab bersama teman kalian secara bergantian. Semangat ya!

    Klik: http://al-ilmu.com/books/detail.php?id=1382

  5. Ummu Rofiif berkata:

    Bismillah.
    Kaifa haluk?
    iya mbak rofiif kan Tarbiyatul Aulad di Ma’had As Salafy,isi buku aqidahnya ya model tanya jawab gitu mis: man robbuka?
    gitu..

  6. ummu muhammad berkata:

    assalamualaikum,
    um…tolg tulisartikel untuk anak-anak, karena situs yang berisi artikel pendidikan anak usia 3-12 th masih sedikit sekali, artikel yang saya maksud seperti pelajaran aqidah. fiqih, bhs.arab dan do’a harian.

    demikian.
    jazakillah.

    Wa’alaikumus salam warohmatullahi wabarokatuh. Semoga Allah Ta’ala memberikan kemudahan dan kesempatan. Ummu Harun

Tinggalkan komentar

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image