Peringatan Menakjubkan dari Yunus bin Ubaid Kepada Mereka yang Mengeluh Tentang Kemiskinan dan Kesulitan Hidup

Berkata Ghassaan bin al-Mufadhdhal al-Ghulaabi :

Beberapa teman kami menceritakan kepadaku bahwa seorang laki-laki datang kepada Yunus bin Ubaid (wafat 139H) dan mengeluhkan kesulitan yang ia lalui dalam kehidupan dan kecemasan karenanya.

Maka Yunus bin Ubaid berkata (kepadanya),

“Apakah engkau senang memberikan penglihatanmu untuk dibeli dengan seratus ribu (dinar, dirham)?” Laki-laki itu menjawab, “Tidak” Dia berkata, “Lalu bagaimana dengan pendengaranmu?” Laki-laki itu menjawab, “Tidak” Dia berkata, “Lalu bagaimana dengan lidahmu?” Laki-laki itu  menjawab, “Tidak” Dia berkata, “Lalu bagaimana dengan otakmu?” Dia berkata, “Tidak, [tidak] untuk setiap keinginan, kebutuhan.” Lalu ia mengingatkannya pada nikmat Allah atas dirinya.

Yunus mengatakan, “Saya melihat bahwa engkau memiliki ratusan ribu (dinar, dirham) namun engkau masih mengeluh bahwa engkau orang yang kekurangan?!

[Al-Siyar al-Dzahabi (6/292)]

Dan makna di sini adalah bahwa ketika engkau telah menempatkan senilai mata uang terhadap kenikmatan-kenikmatan yang telah Allah Subhanahu wata’ala berikan untukmu, ternyata engkau tidak semiskin seperti yang engkau kira, dan dalam kenyataannya, betapa banyak nikmat Allah Ta’ala dan karunia-Nya yang melimpah diberikan kepadamu.

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Renungan Salaf, TAZKIYATUN NUFUS
1 comments on “Peringatan Menakjubkan dari Yunus bin Ubaid Kepada Mereka yang Mengeluh Tentang Kemiskinan dan Kesulitan Hidup
  1. […] tersebut adalah seorang yang bernama Yunus bin ‘Ubaid rohimahulloh. kisah ini dinukil dari https://sunniy.wordpress.com/2011/09/07/peringatan-menakjubkan-dari-yunus-bin-ubaid-kepada-mereka-yan… dan artikel ‘arob nya […]

Tinggalkan komentar

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image