Wah! Ada Gerhana Bulan Total di Malam Ahad (15 Muharram 1433H | 10 Desember 2011)

Bersiaplah untuk gerhana yang terakhir di tahun ini, yaitu Gerhana Bulan Total yang akan terjadi malam Ahad pada tanggal 15 Muharram 1432H | 10 Desember 2011. Beruntunglah kita yang ada di seluruh wilayah Indonesia karena dapat mengamati peristiwa spektakuler ini sejak awal hingga akhir.

Masih ingat dengan Gerhana Bulan Total di bulan Juni lalu? Apabila gerhana tersebut dimulai pada pukul 01.23 WITA, gerhana nanti akan dimulai lebih awal yaitu pada pukul 19.33 WITA, sehingga lebih bersahabat dibandingkan jika terjadi pada dinihari. Apalagi terjadinya di malam Ahad, tentunya tidak akan terlalu mengganggu proses belajar para siswa. Perbedaan lainnya adalah gerhana nanti akan terjadi lebih singkat dibandingkan gerhana Juni lalu. Kali ini totalitas gerhana hanya akan berlangsung selama 50 menit saja, bandingkan dengan gerhana yang terjadi pada Juni lalu yang mencapai 100 menit.

Tahapan yang paling menarik pada gerhana Bulan akan terjadi ketika Bulan mulai masuk ke umbra Bumi pada pukul 20.45 WITA. Sedikit demi sedikit Bulan purnama itu akan berubah menjadi Bulan sabit karena sebagian permukaannya menjadi gelap. Lalu sabitnya pun semakin lama semakin kecil/tipis. Dan ketika bayangan gelap umbra sudah mendominasi permukaan Bulan, kita akan melihat bayangan gelap tersebut berganti warna menjadi merah. Akhirnya saat tahapan totalnya terjadi, seluruh permukaan Bulan juga menjadi merah gelap. Tahapan totalitas tersebut akan dimulai pada pukul 22.06 WITA dan berakhir pada pukul 22.57 WITA. Setelah itu warna putih di Bulan akan kembali muncul perlahan hingga akhirnya Bulan menjadi purnama kembali setelah pukul 01.30 WITA.

rukyatulhilal

Artkel Terkait:

Tata Cara Shalat Gerhana (Kusuf/Khusuf)

Download Video Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011.wmv

Berbagai Cerita Legenda Rakyat di Dunia Tentang
Gerhana Bulan

Dan Meyakini Bahwasanya Surga dan Neraka Adalah
Benar Adanya, dan Keduanya Sudah Diciptakan

Kami adalah penuntut ilmu, seorang sunniy salafy

Ditulis dalam Agenda Kita, Fiqih, Gerhana, Gerhana Bulan, Hidupkan Sunnah, INFO SUNNIY, Matikan Bid'ah, Shalat
4 comments on “Wah! Ada Gerhana Bulan Total di Malam Ahad (15 Muharram 1433H | 10 Desember 2011)
  1. assalamu’alaikum
    izin share akh
    jazakumullah

  2. Abu Dawud berkata:

    Subhanalloh, mohon diposting juga bimbingan syari’at ketika gerhana. Baarokallohu fiikum.
    Akhi fillah, izin linking blog antum ya!

    http://ad-diin.blogspot.com/

  3. Abu Dawud berkata:

    Subhanalloh. Tolong diposting juga bimbingan syari’at ketika gerhana. Baarokallohu fiikum. Izin likning blog antum ya akh!
    http://ad-diin.blogspot.com/

    Na’am. Barokallahu fiikum. Blog antum juga sudah ana link-kan.

  4. Abu Dawud berkata:

    Jazaakumulloh!

    Wajazaakumullohu khoir!

Tinggalkan komentar

KALENDER HIJRIAH

"Bukan suatu aib bagi seseorang untuk menampakkan manhaj Salafus Shalih, menisbatkan diri dan bersandar kepadanya bahkan wajib menerimanya dengan (menurut) kesepakatan para ulama karena sesungguhnya manhaj Salafus Shalih itu tidak lain hanyalah kebenaran." (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Kitab Al Fatawa 4/149)

:: Pengunjung Blog Sunniy Salafy disarankan menggunakan Google Chrome [Klik disini] supaya daya jelajah anda lebih cepat ::

Radio Sunniy Salafy

Kategori
Permata Salaf

image